Ini Dia 5 Alat Musik Tradisional Indonesia yang Mendunia

alat musik tradisional indonesia
Penari Papua sedang memainkan tifa. (source: Kemenparekraf)

TURISIAN.com – Indonesia kaya akan warisan kebudayaan, bahkan diantaranya sudah terdaftar sebagai Warisan Budaya Dunia UNESCO. Seperti salah satu alat musik tradisional Indonesia, gamelan, yang baru-baru ini diakui UNESCO.

Bahkan, Indonesia disebut sebagai negara superpower dalam bidang budaya. Hal tersebut disampaikan Asisten Direktur Jenderal UNESCO Bidang Budaya Francesco Bandarin, di sela-sela Sidang Umum UNESCO ke-39, di Paris tahun 2017 lalu.

Pernyataan itu muncul mengingat tingginya kekayaan Indonesia dalam bidang seni budaya. Salah satu warisan budaya Indonesia yang telah mendunia dan beberapa telah tercatat di UNESCO adalah alat musik tradisional Indonesia.

Alat musik yang turun-temurun hidup dan berkembang di daerah tertentu. Sekaligus menjadi bukti tingginya khazanah pemikiran dan kebudayaan Indonesia. Umumnya pada masyarakat adat di Nusantara, alat musik tradisional memiliki tiga fungsi.

Baca juga: 5 Seni Tradisional Indonesia yang Memukau Dunia

Selain gamelan, ada beberapa lagi alat musik tradisional Indonesia yang lain dan juga sudah mendunia. Simak deretannya berikut ini yang bersumber dari Kemenparekraf!

Tifa

Kita mulai dari wilayah timur Indonesia, yaitu Papua dan Maluku. Kedua daerah ini punya alat musik tradisional yang sama. Cukup terkenal dan ikonik, Tifa namanya. Berbentuk seperti tabung dan dimainkan dengan cara dipukul.

Jenis Tifa ada beberapa, yaitu jekir, potong, dasar, dan bas. Umumnya alat musik ini digunakan saat upacara adat, pertunjukan musik, dan mengiringi tarian tradisional.

Pos terkait