Ekraf Pelaku UMKM Subang Didorong Lebih Inovatif, Menparekraf Apresiasi Daur Ulang

Ekraf Pelaku UMKM Subang
Menparekraf Sandiaga Uno menunjukan hasil Ekonomi Kreatif (Enkraf) pelaku UMKM Subang, Jawa Barat. (Foto: Dok Kemenparekraf)

TURISIAN.com – Ekraf pelaku UMKM Subang, Jawa Barat didorong untuk lebih inovatif dalam menghadirkan produk-produk ramah lingkungan.

Dengan cara ini diharapkan, akan membantu perekonomian rakyat tumbuh lebih cepat setelah diterpa pandemi Corona.

“Saya melihat selain wisata alam dan budaya di Subang, yang menonjol adalah kuliner, fesyen, dan kriya. Tadi ada pelaku ekraf yang mendaur ulang sampah untuk menjadi produk-produk yang bernilai tambah,” kata Menparekraf Sandiaga Uno saat hadir alam diskusi dengan Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Asstro Highland Ciater, Subang, Sabtu 5 Maret 2022.

Sandiaga juga mengapresiasi daur ulang yang berhasil dilakukan para pemuda yang bergerak di sektor UMKM.

BACA JUGA: Bertemu Pelaku Pariwisata, Pertanian dan UMKM Bali, Ketua DPD RI Serap Sejumlah Aspirasi

Inovasi tersebut secara tidak langsung, memberikan kontribusi terhadap pergerakan ekonomi kerakyatan dengan tetap memperhatikan lingkungan.

“Tidak menutup kemungkinan sektor-sektor ekonomi kreatif (ekraf)  lain yang menjadi tulang punggung kebangkitan ekonomi, kita hadirkan secara cepat, tegas, dan lugas untuk membantu masyarakat,” ujarnya.

Sandiaga melihata melihat potensi lain selain wisata alam dan budaya di Subang yang sudah terkenal bagi wisatawan nusantara.

Seperti potensi ekonomi kreatif yang dapat dikembangkan lebih besar lagi untuk meningkatkan nilai tambah suatu produk ekonomi kreatif.

BACA JUGA: Berbekal Sejarah Perdagangan Dunia, Makassar Siap Jadi Poros MICE Indonesia

Menparekraf Sandiaga menjelaskan, saat ini pemerintah hadir secara cepat dan tegas dengan program-program yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu.

Semua itu, untuk membantu masyarakat bangkit pascapandemi.

Program-program Yang Menyentuh Rakyat

“Saya melihat di Asstro Highland ini fully booked saat ini. Lalu restoran penuh, ini menunjukkan bahwa dengan kehadiran pemerintah, kita menyiapkan kenormalan baru, strategi-strategi yang kita sampaikan baik digitalisasi, kolaborasi, dan kewirausahaan ini sudah mulai membuahkan hasil,” katanya.

Menparekraf Sandiaga juga menjelaskan, saat ini pemerintah terus berupaya menghadirkan program-program yang menyentuh masyarakat.

BACA JUGA: Pelaku Ekonomi Kreatif Diberi Warung Rojali Oleh Kemenparekraf

Agar masyarakat dapat menggali potensi yang ada di daerahnya. Sehingga lapangan kerja kembali terbuka dan kesejahteraan masyarakat dapat kembali meningkat.

“Saya bersama Bapak Presiden Joko Widodo memastikan program-program seperti ini akan menghasilkan satu hasil yang kongkrit,” ujarnya.

“Di sinilah peran kita untuk bergandengan tangan menyambut kebangkitan pascapandemi yaitu pariwisata bersanding dengan ekonomi kreatif yang menjadi lokomotif dan membuka lapangan kerja secara inovatif,” sambung Sandiaga menutup paparannya. ****

Pos terkait