Pantai Ulee Lheue Banda Aceh, Pilihan Tepat Buat Rekreasi Keluarga

Pantai Ulee Lheue
Pantai Ulee Lheue Banda Aceh. (Source: bandaacehtourism)

TURISIAN.com – Selain sohor dengan wisata religinya, Kota Banda Aceh juga memiliki objek wisata Pantai Ulee Lheue. Salah satu spot rekreasi favorit masyarakat kota ini untuk bersantai. Sobat Turisian bisa ajak keluarga berlibur di pantai ini.

Lokasi Pantai Ulee Lheue cukup strategis dan mudah Sobat Turisian akses. Letaknya berada di jalan utama menuju Pelabuhan Ulee Lheue yang merupakan satu-satunya penghubung menuju Pulau Weh.

Di pantai ini, Sobat Turisian bersama keluarga bisa menikmati panorama alam yang memesona dan bikin rileks. Anak-anak juga akan senang bermain pasir dan berenang di pantai ini, tanpa takut terkena ombak besar. Karena terdapat tanggul pemecah ombak.

Lebih seru lagi, Sobat Turisian bersama sang buah hati atau teman-teman bisa menjajal wahana air yang tersedia. Seperti perahu bebek dayung yang menyenangkan untuk mengarungi area Pantai Ulee Lheue.

Berkunjung ke destinasi wisata Banda Aceh ini, sebaiknya saat sore hari. Biar bisa sekalian menikmati keindahan matahari terbenam. Cuaca sore hari pun tidak terlalu panas karena terik matahari sudah berkurang.

Baca juga: Tari Saman Aceh, Harmonisasi Gerak Tangan Bermakna Penuh Puji-pujian

Apalagi sambil mencicipi kudapan ringan yang dijajakan pedagang di tempat ini. Di antaranya jagung bakar atau rujak Aceh yang bisa bikin Sobat Turisian segar dan akan memberikan pengalaman tersendiri.

Aktivitas Wisata di Pantai Ulee Lheue Banda Aceh

Sebelum duduk santai menikmati sunset, Sobat Turisian bisa juga mencoba beberapa hal menarik lainnya di Pantai Ulee Lheue. Kalian bisa hunting foto yang cantik dan instagenik.

Bagi yang hobi memancing bisa melakukannya di pantai ini. Spot mancing terbaiknya, di jembatan menuju Pelabuhan Ulee Lheue. Di situ Sobat Turisian bisa menyalurkan bakat memancingnya bersama masyarakat lokal.

Spot menarik yang terbaru di tempat wisata ini, salah satunya Ulee Lheue Park sebagai taman kuliner. Istimewanya lagi, masuk ke objek wisata pantai Banda Aceh ini Sobat Turisian tak perlu mengeluarkan biaya alias gratis. Wah seneng banget ya Sobat Turisian, udah indah pantainya, gratis lagi!

Dekat dengan Situs Wisata Tsunami Aceh

Destinasi wisata Pantai Ulee Lheue berdekatan dengan Masjid Baiturrahim yang menjadi saksi bisu peristiwa Tsunami Aceh 2004 silam. Kala ombak gergasi tsunami hampir membuat empat gampong (desa) di sekitar Masjid Baiturrahim rata dengan tanah, masjid ini justru hanya mengalami kerusakan sedikit.

Sekitar 250 meter di depan Masjid Baiturrahim, terdapat Kuburan Massal Tsunami Aceh 2004. Terdapat sekitar 14 ribu korban jiwa yang dimakamkan di kuburan massal ini.

Pantai Ulee Lheue terletak di Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh. Dapat Sobat Turisian tempuh sekitar 15 menit berkendara dari Masjid Raya Baiturrahman. Bisa berangkat menggunakan kendaraan pribadi maupun bus Trans Koetaradja, Rute Koridor 2B.

Baca juga: Berpetualang ke Air Terjun Silelangit, Hidden Gem Subulussalam Aceh

Jika menggunakan Trans Koetaradja, Sobat Turisian akan turun di halte depan Masjid Baiturrahim atau tepat di pintu gerbang Pelabuhan Ulee Lheue. Dari situ tinggal berjalan kaki menuju pantai.*

Pos terkait