Pengembangan Pariwisata Gorontalo Utara Dapat Dukungan Penuh DPRD

Gorontalo Utara
Seorang warga tengah melemparkan jaring untuk menangkap ikan di Danau Perintis Gorontalo. Foto: Getty Images/Affandi Rahman Hakim

TURISIAN.com – Keinginan pemerintah Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo untuk melakukan terobosan dalam pengembangan sektor pariwisata, mendapat dukungan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

“Kami berharap lebih banyak upaya terobosan baru pemkab untuk meningkatkan pariwisata daerah ini. Khususnya, bersamaan dengan  pelonggaran oleh pemerintah pada masa pandemi COVID-19,” kata Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara Roni Imran di Gorontalo, Senin 20 Juni 2022.

Selain penataan dan pengembangan, kata dia, promosi wisata menjadi hal penting. Apalagi disinergikan dengan keberadaan ekonomi kreatif yang mulai banyak bermunculan pada daerah ini.

Melalui penataan pariwisata terintegrasi, kata dia, juga akan mampu dengan cepat mengembangkan pariwisata yang ada pada daerah itu.

BACA JUGA: 6 Destinasi Wisata Gorontalo yang Oke Buat Tujuan Liburan Kalian

Ia juga menyatakan adanya dukungan berupa kekayaan sumber daya alam bahari daerah itu bagi pengembangan kepariwisataan. Terlebih, kawasan ini memiliki beberapa keunggulan. Seperti dengan paling menonjol 52 pulau cantik yang berjejer dari wilayah timur kabupaten ke wilayah barat.

“Ini menjadi pekerjaan rumah yang jika lebih fokus akan mampu menjadi sumber pendapatan baru. Sekaligus, andalan untuk menunjang peningkatan pendapatan asli daerah  sektor pariwisata,” katanya.

DPRD optimistis keseriusan pemkab dalam menata dan mempromosikan potensi pariwisata dapat menjadikan daerah itu lebih cepat berkembang.

Hal itu, katanya, memang menjadi tantangan besar. Terlebih,  anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) belum signifikan mampu meningkatkan infrastruktur pendukung yang diperlukan.

BACA JUGA: Danau Limboto di Gorontalo yang Indah, Tempat Singgah Ribuan Burung Migran

Namun, kata dia, melalui pemetaan yang tepat, koordinasi yang baik, perencanaan yang terintegrasi akan membuat pariwisata dan ekonomi kreatif kawasan tersebut tumbuh pesat dalam waktu cepat.

“Kita perlu membangun optimisme yang besar. Serta diharapkan mau mengajak masyarakat untuk ikut serta mengembangkan pariwisata daerah ini. Mengingat banyak kegiatan pariwisata memerlukan dukungan masyarakat secara kuat, di antaranya pengelolaan dan promosi potensi pariwisata di desa masing-masing,” katanya. ***

Sumber: Antaranews

Pos terkait