Berkunjung ke Pantai Takisung Kalsel yang Cocok Buat Wisata Keluarga

Pantai Takisung
Pantai Takisung Kab. Tanah Laut, Kalsel. (Source: Dispar Tanah Laut)

TURISIAN.com – Pantai Takisung merupakan destinasi wisata di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan (Kalsel). Tempat yang asyik buat Sobat Turisian mengisi momen liburan bersama keluarga atau teman.

Luas areal wisata pantai yang satu ini sekitar 0,65 ha dengan batas panjang 85 meter dan lebar 80 meter mulai dari tepi pantai. Kawasan wisata pantai tersebut termasuk tipologi pantai berpasir.

Selain pemandangan alam yang memanjakan mata dan menenangkan pikiran, di Pantai Takisung Sobat Turisian juga bisa menyaksikan aktivitas jual beli ikan dari nelayan. Ombaknya pun tidak besar dan cukup tenang, sehingga kalian aman bermain di tepian pantai.

Sebagai tujuan wisata, pantai ini cukup mempesona dan bikin nyaman saat liburan. Sobat Turisian di sini bisa menikmati pemandangan pantai yang berpasir cokelat dan sekelilingnya terdapat pohon-pohon kelapa.

Di Pantai Takisung tersebut, Sobat Turisian juga akan menemukan banyak pasar yang menjual jajanan khas pantai. Mulai dari ikan asin, hiasan kerang, udang, ikan, sampai terumbu karang langsung dari nelayan.

Baca juga: Gunung Kayangan Tanah Laut Sajikan Pemandangan yang Memanjakan Mata

Kawasan wisata ini sangat populer di masyarakat Kalimantan Selatan. Terutama warga Tanah Laut, Banjarmasin, Banjarbaru dan sekitarnya. Apalagi di saat momen-momen tertentu, seperti tahun baru, pasca lebaran, dan liburan sekolah sangat ramai.

Lokasi & Fasilitas Wisata Pantai Takisung

Objek wisata tersebut berada di Desa Takisung, kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Berjarak sekitar 22 km dari kota Pelaihari atau kurang lebih 87 km dari Banjarmasin, ibu kota Kalsel.

Sarana dan prasarana di Pantai Takisung juga sudah cukup memadai. Di antaranya jalan yang beraspal menuju objek wisata, toilet umum, areal parkir, pasar dengan pedagang ikan dan buah-buahan, warung makanan dan minuman.

Tersedia pula kedai cendera mata, panggung, halte, pos polisi, shalter (tempat berteduh), restoran, dan tempat bermain. Ada wahana bermain speed boat, banana boat, motor ATV, dan lainnya.

Kalau sudah berada di Pantai Takisung, Sobat Turisian bisa sekalian mengunjungi spot wisata Batu Bejanggut. Berupa sebuah batu besar di tengah laut yang letaknya tidak jauh dari pantai.

Baca juga: Hamparan Hijau Savana Bukit Rimpi Tanah Laut yang Memukau, Serasa di Daratan Eropa

Nama spot ini merupakan penyebutan dari penduduk setempat karena batu ini penuh lumut dan licin. Sehingga kalau melihatnya seperti batu yang berjanggut. Untuk menjangkaunya, Sobat Turisian bisa menyewa jasa perahu dari warga Iokal.*

Pos terkait