Penerbangan Langsung AirAsia Rute Kuala Lumpur-Labuan Bajo Resmi Dibuka

Penerbangan langsung AirAsia
(Instagram/@flyairasia.id)

TURISIAN.com – Penerbangan langsung AirAsia rute Kuala Lumpur-Labuan Bajo resmi beroperasi, membawa angin segar bagi pengembangan pariwisata Indonesia. Khususnya, di destinasi super prioritas Labuan Bajo.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengungkapkan bahwa jalur ini menjadi langkah strategis dalam memperkuat akses wisatawan, baik dari Malaysia maupun negara lain.

“Pembukaan rute langsung ini akan mempermudah wisatawan mancanegara. Terutama dari Malaysia, untuk menjelajahi keindahan Labuan Bajo,” jelas Sandiaga dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis 5 September 2024.

BACA JUGA: Penerbangan AirAsia Kini Lebih Bergizi dan Menyegarkan dengan Hadirnya Green Rebel

Menurut Sandiaga, konektivitas adalah kunci utama dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan asing ke destinasi ini.

“Dan penerbangan dari Kuala Lumpur ke Labuan Bajo telah lama dinantikan,” tegas Sandiaga.

Tak hanya Sandiaga, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Ni Made Ayu Marthini, juga menekankan pentingnya rute penerbangan ini.

BACA JUGA: BBN Airlines Indonesia Tambah Maskapai, Ingin Tembus 40 Pesawat

Destinasi Super Prioritas

“Inisiatif ini lahir dari kesadaran akan pentingnya akses langsung menuju Labuan Bajo. Sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas Indonesia, Labuan Bajo memang membutuhkan konektivitas penerbangan langsung dari berbagai negara,” ujar Made.

“Setelah dua tahun proses perencanaan dan kerja sama lintas sektor, kini rute ini menjadi kenyataan,” sambung Made.

Sementara itu, rute Kuala Lumpur-Labuan Bajo-Kuala Lumpur dijadwalkan beroperasi tiga kali dalam seminggu. Yakni setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu.

Sedangkan, penerbangan dengan nomor AK 336 dijadwalkan berangkat dari Kuala Lumpur pukul 11.10 waktu setempat. Dan, tiba di Bandara Komodo, Labuan Bajo, pada pukul 14.30 WITA.

BACA JUGA: Maskapai Scoot Tambah Rute ke Kertajati dan Melaka, Pesawat Baru Siap Meluncur

Sementara penerbangan kembali, AK 337, akan berangkat dari Labuan Bajo pukul 14.55 WITA, dan mendarat di Kuala Lumpur pada pukul 18.35 waktu setempat.

Acara penyambutan penerbangan perdana ini digelar pada Selasa, 3 September 2024 di Bandara Komodo, Labuan Bajo.

Kemenparekraf bekerja sama dengan berbagai pihak. Termasuk Kementerian Perhubungan, Pejabat Gubernur Nusa Tenggara Timur, dan Duta Besar Malaysia untuk Indonesia.

Mereka, menyambut kedatangan para penumpang dengan seremonial di pintu kedatangan. ***

Pos terkait