BRIN Gelontorkan Dana Rp300 Juta per Tahun untuk Startup Berbasis Riset

BRIN
(Pixabay)

TURISIAN.com – BRIN atau Badan Riset dan Inovasi Nasional kembali membuat gebrakan dengan menyiapkan dana hingga Rp300 juta per tahun,

Anggaran ini diperuntukan bagi perusahaan rintisan (startup) berbasis riset. Dan, penyalurannya melalui Skema Pendanaan Riset dan Inovasi untuk Indonesia Maju (RIIM) Startup.

“Melalui program ini, perusahaan rintisan dapat mengembangkan bisnis dan meraih investasi menguntungkan lewat komersialisasi. Termasuk, hilirisasi hasil riset, sehingga menciptakan nilai ekonomi,” ungkap Agus Haryono, Deputi Bidang Fasilitasi Riset dan Inovasi BRIN, Jumat 26 Juli 2024.

Hal itu disampaikan Agus saat melukan sosialisasi penerimaan proposal Skema Pendanaan RIIM Startup yang digelar daring di Jakarta.

BACA JUGA: BRIN Dukung Event IEMS 2023, Perhelatan Bergengsi Kendaraan Listrik

Agus menjelaskan bahwa Skema RIIM Startup adalah skema pendanaan kompetitif yang terbuka sepanjang tahun. Diinisiasi oleh Direktorat Pendanaan Riset dan Inovasi BRIN.

Sedangkan, program ini bertujuan untuk mendorong pengembangan hasil-hasil riset. Baik yang berasal dari lingkungan BRIN maupun dari lembaga riset lainnya.

Seperti perguruan tinggi, pemerintah daerah, dan berbagai institusi lainnya.

“Harapannya, hasil riset ini dapat berdaya saing dan mandiri,” imbuhnya.

BACA JUGA: Swara Prambanan, Event Pergantian Tahun yang Menghadirkan Keindahan Senja

Serangkaian Seleksi

Sementara itu, Ajeng Arum Sari, Direktur Pendanaan Riset dan Inovasi BRIN, menambahkan bahwa pengusul harus mendaftarkan proposal mereka secara daring melalui laman web https://pendanaan-risnov.brin.go.id untuk kemudian melewati serangkaian seleksi.

“Pengusul yang terpilih akan mengikuti pra-inkubasi maksimal selama enam bulan. Peserta yang berhasil lulus dari proses mentoring berhak mendapatkan pendanaan hingga Rp300 juta per tahun,” jelas Ajeng.

Ia juga menambahkan bahwa pengusul yang telah lulus inkubasi dari inkubator. Atau kementerian dapat langsung mengikuti skema ini tanpa perlu melalui pra-inkubasi terlebih dahulu, asalkan lolos seleksi.

BACA JUGA: Panduan Lengkap Menyaksikan Festival Lampion Candi Borobudur, Catat Jadwalnya

Skema RIIM Startup ini terbuka sepanjang tahun dan tidak terbatas pada bidang fokus tertentu, sehingga dapat diusulkan oleh siapa saja.

Informasi lebih lanjut mengenai skema ini dapat diakses melalui laman web https://pendanaan-risnov.brin.go.id.

Dengan skema pendanaan ini, BRIN berharap dapat menjaring lebih banyak perusahaan rintisan berbasis riset. Dengan harapan akanĀ  tumbuh dan berkembang, sehingga mampu berkontribusi pada perekonomian nasional. ***

Pos terkait