Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno Siap Genjot Ekonomi Kreatif Purbalingga

Sandiaga Uno
Memparekraf Sandiaga Uno saat berdialog dengan pelaku UMKM di Purbalingga, Jawa Tengah. Foto: Dok.Kemenparekraf

TURISIAN.com – Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf)  menegaskan kesiapan memperkuat kolaborasi lintas sektor.

Hal ini dianggap penting guna memajukan ekonomi kreatif di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Menparekraf menegaskan hal tersebut, dalam Workshop KaTa Kreatif Purbalingga yang berlangsung di dPari Resto, Purbalingga, Jawa Tengah, pada Jumat, 12 Juli 2024.

“Kami siap menyambut ajakan Ibu Bupati untuk berkolaborasi demi memajukan ekonomi kreatif dan pariwisata di Purbalingga,” ujar Sandiaga Salahuddin Uno dalam sambutannya.

BACA JUGA: Menteri Pariwisata Sandiaga Uno Sambangi Desa Wisata Wanurejo, Ini Tujuannya

Sandiaga menekankan pentingnya kolaborasi dengan pemangku kepentingan sebagai elemen kunci dalam menyelaraskan ide, pemikiran, dan kebijakan.

Kabupaten Purbalingga memiliki potensi wisata kelas dunia dan event bergengsi yang masuk dalam 110 Kharisma Event Nusantara, seperti Festival Gunung Slamet.

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga juga mengunjungi UMKM Abenk Racing Exhaust, salah satu peserta Workshop KaTa Kreatif Purbalingga yang telah sukses merambah pasar global.

Menurutnya, produk ekonomi kreatif Purbalingga, seperti Bulmatsu (bulu mata palsu) dan knalpot Abenk Racing Exhaust, telah menunjukkan kualitas yang mumpuni hingga ke panggung internasional.

BACA JUGA: Tampil di Annual Meeting of The New Champions , Sandiaga Sampaikan Ini

Mendorong Produk Kreatif

“Penguatan kolaborasi akan mendorong produk kreatif lainnya untuk memperluas pasar. Termasuk, meningkatkan daya saing, dan menjalin jejaring yang lebih luas,” kata Sandiaga.

Ia berharap Purbalingga terus menjadi destinasi unggulan dengan ekonomi kreatif yang maju dan pengusaha yang berkembang.

“Untuk menjadi pengusaha sukses, harus terus berkolaborasi, berinovasi, dan beradaptasi,” ujarnya.

Selain itu, Sandiaga berdiskusi dengan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif Purbalingga untuk mendengarkan masukan.Serta kendala yang dihadapi dalam mengembangkan usaha mereka.

BACA JUGA: Sandiaga Optimis Target 1.25 Miliar Wisatawan Domestik Tercapai

Diskusi mencakup kiat-kiat komunikasi dengan calon pembeli, sertifikasi seni pertunjukan. Hingga upaya mengaktifkan kembali bandara di Jawa Tengah yang sempat berhenti beroperasi akibat pandemi COVID-19.

Menparekraf juga menantang Abenk Racing Exhaust untuk menghadirkan knalpot zero noise, zero decibel di lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas. Himbauan ini sebagai bagian dari pengembangan pariwisata hijau.

Sementara itu, Bupati Purbalingga, Dyah H. Pratiwi, mengapresiasi kehadiran Sandiaga yang menunjukkan keseriusan pemerintah pusat dalam mendorong sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk berkembang.

BACA JUGA: Sandiaga Uno Sebut Konser Coldplay Bisa Nambahin Pendapatan Triliunan, Gila Tajir ya…

Ia menekankan pentingnya integrasi program yang tepat agar dapat berdampak positif terhadap perputaran ekonomi di Jawa Tengah bagian barat dan selatan.

“Harapan kami, kehadiran Menparekraf akan memotivasi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Purbalingga,” katanya.

“Mudah-mudahan sinergi dan integrasi pariwisata dengan kabupaten lain di Jawa Tengah. Khususnya di bagian barat dan selatan, dapat terwujud,” kata Dyah. ***

Pos terkait