Destinasi Wisata Tujuan Study Tour Saat Libur Sekolah, Catat Tempat Ini

Study Tour
Destinasi wisata Kepulauan Seribu. Foto: Dok. Kemenparekraf

TURISIAN.com – Dari akhir Juni hingga pertengahan Juli 2024, aktivitas study tour biasanya akan meningkat. Hal ini karena sekolah-sekolah di Indonesia memasuki masa pengambilan rapor dan kenaikan kelas.

Bertepatan dengan musim liburan sekolah dari berbagai jenjang pendidikan tersebut, inilah waktu  ideal untuk melakukan perjalanan karya wisata. Atau study tour guna mengisi liburan sekolah dengan pengalaman edukatif yang berharga.

Study tour adalah perjalanan wisata edukasi yang sering dilakukan sekolah untuk memberikan pengalaman belajar langsung.

BACA JUGA: Tren Traveling ‘Wellness Tourism’ Kian Booming, Contoh di Ubud Bali Ini

Dengan demikian, siswa tidak hanya memperoleh teori, tetapi juga mempraktikkan atau menyaksikan langsung apa yang telah mereka pelajari di kelas.

Di Indonesia, study tour biasanya melibatkan kunjungan ke destinasi yang berkaitan dengan mata pelajaran di sekolah. Mulai dari wisata sejarah, budaya, hingga sains.

Setiap daerah di Indonesia memiliki daya tarik wisata yang unik dan menarik untuk dijadikan tujuan study tour.

BACA JUGA: 7 Tips Libur Sekolah Menggunakan Kereta Api

Berikut adalah beberapa rekomendasi destinasi yang cocok untuk study tour saat liburan sekolah:

Observatorium Bosscha

Menjadi salah satu destinasi wisata edukasi yang paling tepat, Observatorium Bosscha di Lembang, Bandung, merupakan observatorium tertua di Indonesia.

Terletak di Jl. Peneropongan Bintang No.45, Lembang, Bandung, Bosscha menawarkan sarana edukasi terkait sains, khususnya astronomi dan antariksa.

Pengunjung dapat mengamati bintang, gerhana, dan teleskop. Ikon utama Bosscha adalah Teleskop Refraktor Ganda Zeiss yang sudah digunakan sejak 1928.

Selain itu, Bosscha juga memamerkan hasil pengamatan dan miniatur teleskop. Namun, kunjungan harus dilakukan pada Sabtu-Minggu dengan reservasi terlebih dahulu.

BACA JUGA: PT KAI Berikan Diskon Spesial Hingga 15 Persen untuk Tiket Liburan Sekolah

Museum Purbakala Sangiran

Museum selalu menjadi pusat informasi yang tak ternilai tentang sejarah. Salah satu museum yang sangat direkomendasikan adalah Museum Purbakala Sangiran di Kecamatan Kalijambe, Sragen, Jawa Tengah.

Terletak di situs fosil purbakala yang diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, museum ini menawarkan wisata edukasi sejarah tentang kehidupan manusia purba di Jawa. Termasuk ilmu Antropologi, Arkeologi, Geologi, dan Paleoantropologi.

Kepulauan Seribu

Hanya berjarak singkat dari Jakarta, Kepulauan Seribu adalah destinasi sempurna untuk study tour dengan tema edukasi bahari.

Kawasan ini terdiri dari banyak pulau dengan kegiatan edukatif yang beragam. Seperti penanaman bakau di Pulau Pari, penangkaran penyu di Pulau Pramuka, dan melihat peninggalan sejarah Belanda di Pulau Bidadari.

BACA JUGA: Libur Sekolah Bareng Keluarga, 5 Hotel di Bandung ini Bisa Jadi Pilihan

Candi Borobudur

Sebagai salah satu destinasi wisata budaya terpopuler, Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, adalah situs yang sarat nilai budaya dan sejarah.

Candi Buddha terbesar di dunia ini menawarkan pemahaman mendalam tentang relief-relief di dinding candi dan legenda-legenda yang melekat.

Dibangun pada abad ke-8 hingga ke-9 Masehi oleh Dinasti Syailendra, Borobudur adalah situs yang kaya akan nilai edukatif.

Desa Wisata

Mengunjungi desa wisata adalah cara yang menyenangkan untuk belajar tentang kearifan lokal dan kehidupan sehari-hari masyarakat desa.

Desa-desa wisata di seluruh Indonesia menawarkan kegiatan seperti bercocok tanam, beternak, dan kerajinan tangan.

Beberapa rekomendasi desa wisata untuk study tour termasuk Desa Wisata Taman Sari di Banyuwangi untuk melihat proses memerah susu.

Kemudian, Desa Wisata Kasongan di Yogyakarta untuk membuat gerabah, dan Desa Wisata Aeng Tong-Tong di Madura untuk pembuatan keris.

BACA JUGA: Tiket KA untuk Liburan Sekolah Sudah Bisa Dipesan, Ingin Dapat Promo, Kunjungi Booth Ini

Taman Mini Indonesia Indah

Sesuai namanya, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta menampilkan miniatur Indonesia dengan keberagaman budaya yang kaya.

TMII menjadi destinasi primadona untuk study tour dengan berbagai replika rumah adat, museum-museum, dan teater Keong Emas yang terkenal.

Dengan beragam destinasi yang menawarkan pengalaman edukatif, liburan sekolah menjadi lebih bermakna dan menyenangkan bagi para siswa.

Study tour bukan hanya perjalanan, tetapi juga kesempatan untuk belajar dan mengapresiasi kekayaan budaya dan ilmu pengetahuan di Indonesia. ***

Pos terkait