Pendopo Kota Bandung Kini Dibuka Sebagai Destinasi Wisata Gratis Penuh Sejarah

Pendopo Kota Bandung
Pendopo Kota Bandung di Jalan Dalem Kaum Nomor 56 atau tepatnya dekat Alun-alun Bandung, kini dibuka untuk wisatawan. (IG/@halobandung)

TURISIAN.com – Bandung kembali menghadirkan destinasi wisata yang kaya akan nilai sejarah. Tepatnya adalah Pendopo Kota Bandung di Jalan Dalem Kaum Nomor 56 dekat Alun-alun Bandung.

Bangunan ini, kini resmi dibuka untuk kunjungan masyarakat umum secara gratis. Bangunan bersejarah ini adalah rumah dinas Wali Kota Bandung yangmenyimpan banyak cerita menarik dari masa lalu Kota Kembang.

Jadwal dan Sesi Kunjungan

Sementara itu, untuk menikmati wisata edukatif ini, masyarakat bisa datang pada akhir peka. Tepatnya hari Sabtu dan Minggu.

Namun, kunjungan hanya dapat dilakukan jika tidak ada acara khusus. Atau kunjungan tamu di rumah dinas Wali Kota.

Sedangkan wisatawan dapat memilih satu dari empat sesi kunjungan yang tersedia setiap harinya.

Yakni, mulai  pukul 09.00 – 10.00 WIB, 10.00 – 11.00 WIB, 13.00 – 14.00 WIB, dan 14.00 – 15.00 WIB.

BACA JUGA: Liburan ke Kota Bandung jangan Lupa Saksikan Pesona Budaya Barongsai, Catat Tempatnya

Reservasi dan Syarat Kunjungan

Meskipun gratis, pengunjung diwajibkan melakukan reservasi tiket terlebih dahulu. Pemesanan tiket dapat dilakukan secara online melalui situs smartcity.bandung.go.id.

Selain itu, calon pengunjung harus mempersiapkan kartu identitas (KTP) dan tidak diperkenankan membawa makanan ke dalam area Pendopo.

Pengalaman Wisata yang Ditawarkan

Wisatawan akan diajak menjelajahi berbagai area di dalam Pendopo dan mempelajari sejarahnya yang merupakan bagian tak terpisahkan dari perkembangan Kota Bandung.

Selama tur, pengunjung akan dipandu oleh tim dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, yang siap memberikan informasi mendalam mengenai tempat ini.

BACA JUGA: 5 Destinasi Wisata Bandung yang Instagramable, Pas Buat Liburan!

Mulai dari 11 Mei 2024

Program wisata gratis ini mulai dilaksanakan pada Sabtu, 11 Mei 2024, dan akan berlangsung rutin setiap akhir pekan.

Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono, menyatakan harapannya bahwa program ini akan menambah destinasi pilihan bagi wisatawan. Serta meningkatkan minat berlibur ke Kota Bandung.

“Yuk, ajak sanak keluarga untuk berwisata sejarah di Pendopo Kota Bandung!” tulis akun Instagram Prokopim Kota Bandung pada unggahan Jumat, 14 Juni 2024.

Pendopo Kota Bandung kini tidak hanya menjadi saksi bisu sejarah. Tetapi juga tempat edukasi dan rekreasi bagi warga dan wisatawan yang ingin mengenal lebih dekat perjalanan Kota Kembang. ***

Pos terkait