Kampung Sumber Alam Resort Garut Tawarkan Pesona Sunda Klasik di Malam Tahun Baru

Kampung Sumber Alam
Beberapa pengunjung Kampung Sumber Alam Resort di Kabupaten Garut, Jawa Barat berjalan di atas jembatan yang menghubungkan satu resort dengan yang lainnya. Foto: Turisian.com/Duta Ilham

TURISIAN.com – Kampung Sumber Alam Resort di Kabupaten Garut, Jawa Barat ternyata tidak hanya sekadar tempat beristirahat. Melainkan karya seni yang memukau dengan konsep kampung tradisional yang eksklusif.

Dengan tata letak bangunan yang mengapung di atas kolam ikan, atap berlapis ijuk, dan teras ngapung, resort ini merangkum keindahan arsitektur Sunda klasik.

Begitu pun setiap bungalow dilengkapi dengan fasilitas bak mandi dan shower. Menyuguhkan pengalaman berlibur yang luar biasa.

Ditambah lagi dengan memanfaatkan air panas alami dari Gunung Guntur, gunung berapi terdekat. Maka, menjadikan tempat ini makin eksotis.

BACA JUGA: Para Wisatawan yang Datang ke Garut, Terbuai Karena Air Panas Ini

Seperti diketahui, sejarah gemilang Kampung Sumber Alam Resort dimulai pada tahun 1970. Ketika itu Dr. H. Maskawan Mustafa mendirikan sebuah klinik fisioterapi dengan tujuh kamar rendam.

Memanfaatkan sumber daya alam berupa air belerang dari Gunung Guntur yang terkenal akan manfaat kesehatannya.

Seiring waktu, resort berkembang pesat untuk menerima tamu dari luar kota. Dan beberapa unit kamar penginapan diresmikan dengan merek “Sumber Alam Village”.

Pada tahun 1980, H. Rahmat Syukur Maskawan, putra bungsu pendiri resort, mengambil alih manajemen secara profesional.

BACA JUGA: Liburan Lengkap di Wisata Garut, Dari Gunung, Sungai Hingga Pantai

Pelestarian Ekosistem

Kemudian, pengembangan Kampung Sumber Alam Resort didasarkan pada master plan tahun 1980, dengan fokus pada pelestarian ekosistem. Dan warisan budaya kampung Cipanas tempo dulu.

Inovasi ini diwujudkan dengan perubahan nama menjadi Kampung Sumber Alam. Dimana, kini memiliki 61 unit bungalow, 10 unit kamar standar, dan 9 unit private villa. Menghamparkan pesona seluas 34.88 m² (4,984 hektar).

Sementara itu, fasilitas mewah resort melibatkan function room yang nyaman, restoran bergengsi Ligarwangi dan Tunjung Balebat.

BACA JUGA: Desa Wisata Sindangkasih Garut Tawarkan Beragam Aktivitas Wisata yang Asyik

Lalu, ada kolam renang memikat, kamar rendam alami, spa yang menyegarkan, taman bermain anak, tempat mancing eksklusif. Serta, area ngabedahkeun lauk (ikan), dan fasilitas mini outbound.

Dan, menjelang akhir tahun 2023, Kampung Sumber Alam Resort akan menggelar acara mega. Sebuah event yang digelar  untuk menyambut tahun 2024 dengan tema “Back to Kampung”.

Acara ini akan diperkaya oleh penampilan band lokal, pertunjukan perkusi, tari tradisional yang memukau, dan pagelaran lighting show yang memukau.

BACA JUGA: Menikmati Pesona Alam Pantai Santolo di Ujung Selatan Garut

Selain hiburan, tamu juga berkesempatan merasakan dinner istimewa serta memenangkan door prize menarik. Seperti voucher hotel dan perangkat elektronik.

Sedangkan Iwan Rismawardani, sebagai General Manager Kampung Sumber Alam Resort, Jumat 29 Desember 2023 menyampaikan harapannya. Bahwa, acara ini akan membekas sebagai kenangan tak terlupakan.

Terutama, bagi para tamu yang memilih merayakan malam pergantian tahun di bawah langit biru Kampung Sumber Alam Resort. ***

Pos terkait