Liburan Lengkap di Wisata Garut, Dari Gunung, Sungai Hingga Pantai

Wisata Garut
Pemandangan udara Situ Bagendit yang selama ini jadi wisata terkenal di Garut dengan pemandangan gunung dibelakangnya. (Dok.iStock)

TURISIAN.com – Wisata Garut emang keren abis, bro! Gak cuma gunung-gan, tapi juga sungai dan pantai. Nah, buat lo yang lagi nyari tempat liburan kece di Garut, cek artikel di bawah ini, deh!

Buat lo yang doyan petualangan ekstrem kayak mendaki gunung, Garut punya beberapa gunung keren yang harus masuk list lo. Nah, berikut ini rekomendasi gunung-gan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat.

Gunung Papandayan, Wajib Banget Dicoba!

Nih, ada Gunung Papandayan yang lokasinya ada di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Ketinggiannya mencapai 2.665 MDPL, bro!

Ada dua jalur yang bisa lo pilih buat sampai ke puncak Gunung Papandayan. Pertama, jalur Cisurupan yang cukup mudah dan aman buat pendaki pemula. Kedua, jalur Pengalengan yang lebih challenging, cocok buat pendaki yang udah berpengalaman.

Di Gunung Papandayan, lo bakal menemukan pemandangan hutan mati yang bikin kesan tersendiri. Ada juga padang edelweis terluas di Asia Tenggara yang keren banget, namanya Tegal Alun. Keren, kan?

BACA JUGA: Seluruh Objek Wisata di Garut Siap Sambut Wisatawan di Liburan Lebaran

Gunung Cikuray, Puncak Tinggi yang Menggoda!

Gunung Cikuray adalah gunung dengan tipe stratovolcano yang letaknya di Dayeuhmanggung, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Tingginya mencapai 2.821 MDPL, guys!

Ada tiga jalur pendakian yang bisa lo pilih buat mencapai puncak Gunung Cikuray. Lo bisa naik via Pemancar Cilawu yang jalurnya relatif mudah. Atau lo bisa coba jalur via Bayongbong atau via Cikajang yang lebih menantang.

Tempat Pemukiman Pendeta

Konon, dulu Gunung Cikuray ini adalah gerbang menuju Kerajaan Padjajaran, lho! Nah, di abad ke-17, gunung ini jadi tempat pemukiman pendeta dan pusat pembelajaran ilmu. Seru banget, kan?

Gunung Guntur, Nyebelin Tapi Kece Abis!

Nah, Gunung Guntur ini punya sejuta mitos di baliknya, bro. Konon, gunung ini pertama kali didaki oleh orang Prusia-Jerman bernama Frans Junghun pada tahun 1837. Gunung Guntur juga termasuk gunung api paling aktif di Jawa, loh!

Meskipun gak setinggi gunung lainnya, tapi pendakian ke Gunung Guntur gak main-main, bro. Medannya terbuka, rawan sinar matahari, dan jarang ada pohon buat berteduh. Makanya, disebut “Si Pendek yang Nyebelin” sama para pendaki.

BACA JUGA: Desa Wisata Sindangkasih Garut Tawarkan Beragam Aktivitas Wisata yang Asyik

Tapi tenang, Gunung Guntur punya pesona luar biasa, guys! Ada lembah, air terjun, sungai, panorama alam, dan kawah yang bikin lo terpesona.

So, setelah seru-seruan mendaki gunung, sekarang kita bahas tentang asyiknya berenang di sungai-sungai jernih di Garut, bro!

Leuwi Jurig, Bikin Kamu Mupeng!

Nah, awalnya namanya serem, tapi jangan salah, bro! Leuwi Jurig di Kecamatan Bungbulang, Garut Selatan, itu pemandangannya luar biasa, guys. Airnya jernih banget, diapit batu-batu besar yang bikin suasananya kece abis!

Air sungainya dangkal, warnanya hijau kehijauan yang segar banget. Tempatnya masih sepi dan tersembunyi, jadi paling pas buat mampir siang-siang, bro!

BACA JUGA: Festival 1.000 Liwet Garut, Bakal Menghadirkan Wisata Kuliner Unik

Sungai yang jernih

Leuwi Tonjong, Wajib Dicoba!

Leuwi Tonjong ini sungainya jernih banget, warnanya juga hijau kehijauan yang bikin makin adem suasana. Nah, sumber airnya berasal dari sungai Cihurip, yang jadi kolam dangkal buat berenang dan main air.

Lokasinya masih tersembunyi, jadi aksesnya agak sulit, tapi worth it, bro! Ada pemukiman warga sekitar yang mengelola tempat ini, jadi belum ada fasilitas seperti WC dan kamar ganti. Tapi tenang, ada tempat parkir buat kendaraan lo, kok!

Leuwi Korsi, Surganya Sungai yang Instagramable!

Leuwi Korsi itu sungai yang indah banget, guys. Lokasinya ada di Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang, Garut, Jawa Barat. Sungainya punya air yang jernih dan berwarna biru, bikin lo terpukau.

Bisa banget juga buat berenang di Leuwi Korsi ini, karena airnya tenang. Yang paling keren, masuk ke Leuwi Korsi gak perlu bayar alias gratis, bro!

BACA JUGA: Menikmati Pesona Alam Pantai Santolo di Ujung Selatan Garut

Menjadi Tempat Favorit

Asyiknya Nge-Sunset di Garut Selatan, Baper Abis!

Setelah mendaki gunung dan berenang di sungai, ada satu lagi yang gak boleh lo lewatkan, bro. Yaitu menikmati sunset yang indah di pantai-pantai Garut, cekidot!

Pantai Rancabuaya, Suka Banget!

Pantai Rancabuaya ini jadi favorit banget di Garut. Lokasinya di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Uniknya, pantai ini punya air terjun kece yang airnya langsung dari tebing mengalir ke laut. Bisa deh lo ngerasain tetes-tetes air segar pas lagi deket tebingnya. Pantainya pun pasir putih dan luas banget, bro!

Jangan lupa juga nikmatin pemandangan sunset yang indah banget di Pantai Rancabuaya ini. Banyak yang sengaja datang sore buat ngerasain keindahan panorama sunset-nya, bro!

BACA JUGA: Piknik ke Garut, Mampirlah ke Pabrik Dodol Legendaris Ini

Puncak Guha, Buat Romantis-romantisan!

Oke bro, lanjut lagi! Jadi, Puncak Guha ini tuh cuma 3 km dari Pantai Rancabuaya, jadi gampang banget buat nyambung ke sini, guys. Tempatnya kayak semenanjung kecil dengan tebing-tebingnya yang keren.

Nah, Puncak Guha ini jadi spot favorit buat ngerasain sunset dan sunrise yang romantis banget. Bahkan ada yang rela camping demi bisa ngeliatin sunrise-nya, bro!

Memiliki Pasir Putih

Pas lo berada di Puncak Guha, mata lo bakal dimanjain dengan pemandangan laut lepas yang langsung berhadapan sama Samudera Hindia. Pas malem hari, lo juga bisa ngeliatin langit yang penuh bintang, suasana bener-bener bikin terpesona, bro!

BACA JUGA: Arena Pacuan Kuda Cimaragas Bakal Menjadi Objek Wisata Baru Garut

Pantai Sayang Heulang, Pantai yang Ciamik!

Pantai Sayang Heulang ini terletak di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat. Nah, pantai ini punya pasir putih yang kece banget, guys. Pasirnya warnanya cokelat keputih-putihan, dan di sepanjang pantai ada pepohonan yang bikin tambah asyik suasana.

Di sini lo bisa main pasir dan berenang di tepian pantai. Tapi ingat, hati-hati ya, karena sekitar 5 meter dari bibir pantai langsung jurang, jadi jangan sampai terpeleset, bro!

Selain pantai, tempat wisata ini juga punya gumuk pasir dan bukit yang bisa dikunjungi. Jarak antara area pantai, gumuk pasir, dan bukitnya juga dekat kok.

Jadi, itulah beberapa tempat seru di Garut yang bisa jadi pilihan buat liburan lo, bro! Ada mendaki gunung, berenang di sungai, dan menikmati sunset di pantai. Pilihannya ada di tangan lo, mau yang mana dulu? ***

Pos terkait