Festival Angkringan 2023, Mampu Menggerakan Masyarakat Berkumpul

Festival Angkringan 2023
Berbagai atraksi ditampilkan dalam Festival Angkrinan Pasar Prambanan yang berkahir hari ini, Minggu 19 November 2023. (Instagram/@cancan._14)

TURISIAN.com – Festival Angkringan 2023 yang berlangsung di halaman parkir Pasar Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu 19 November 2023, terbilang sukses.

Bagaimana tidak, event ini menjadi serbuan masyarakat yang ingin menyaksikan beberapa atraksi, sekaligus juga berburu jajanan.

Sejak dimulai pada 17 November lalu, festival ini memang terlihat mampu menarik pengunjung. Tidak saja yang datang dari sekitar tempat acara, tetapi juga ada yang berasal dari luar.

Festival ini sendiri diselenggarakan dalam rangka mendukung semarak Gerakan Meramaikan Pasar Rakyat (Gempar). Diinisiasi, oleh  Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman.

BACA JUGA: Nikmatnya Makan Sambil Lihat View Alam yang Indah di Angkringan Puncak Bibis

Menurut Sekretaris Disperindag Kabupaten Sleman, Tina Hastani, kegiatan yang digelar selama tiga hari ini menawarkan sensasi kuliner.

Termasuk, hiburan yang tak terlupakan, yakni dimulai dari pukul 15.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

Sajian Lezat

“Festival Angkringan ini bukan hanya soal sajian lezat, tetapi juga disuguhkan dengan berbagai hiburan menarik,” ungkap Tina Hastani, hari ini.

Hiburan yang ditampilkan tersebut, diantaranya senam ‘Sleman Bangkit’, fashion show batik yang melibatkan pedagang Pasar Prambanan. Kemudian, kesenian jathilan, aneka tarian, musik, dan lomba mewarnai.

BACA JUGA: Ini Angkringan Wajib Dicoba Saat Liburan ke Yogyakarta

Sementara itu, festival ini menjadi semakin istimewa dengan kehadiran 10 gerobak angkringan dari warga Sleman. Ada juga, dua tenant jajan pasar dari paguyuban pedagang Pasar Prambanan, dan 15 peserta UMKM Kabupaten Sleman.

Sedangkan Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, dengan antusias menyambut Festival Angkringan ini. Ia berharap acara ini dapat membawa berkah bagi Pasar Prambanan.

Pasar Tipe A

Khususnya, dalam upaya  meningkatkan jumlah pengunjung dan mendongkrak perekonomian para pedagang setempat.

“Pasar Prambanan, yang notabene merupakan pasar Tipe A terbesar di Kabupaten Sleman, harus tetap menjadi destinasi favorit,” pintanya.

BACA JUGA: Taman Apsari, Tempat Nongki Asyik di Kota Surabaya

“Mari tingkatkan kunjungan, tidak hanya dari masyarakat sekitar, tetapi juga dari perbatasan Klaten. Setiap hari adalah waktu yang tepat untuk berbelanja di Pasar Prambanan ini,” sambung Danang Maharsa.

Ia juga memberikan apresiasi kepada Disperindag Kabupaten Sleman yang berhasil menginisiasi Festival Angkringan 2023 ini.

Ditambahkan Danang,, angkringan memiliki tempat istimewa di hati masyarakat Sleman.

“Angkringan bukan sekadar tempat menjual makanan dan minuman. Melainkan juga menjadi wadah untuk bertemu, berdiskusi, dan berbagi cerita,” tambahnya penuh makna. ***

Pos terkait