Gandeng STP Bandung, Pemda Kabupaten Maybrat Siapkan Destinasi Unggulan

Kabupaten Maybrat
Seorang pengunjung memandangi keindahan lekuk air Danau Uter di Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat Daya. (Instagram/@indahayshr_)

TURISIAN.com – Berfokus pada keindahan alamnya yang memesona, Pemerintah Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat Daya, kini tengah menyiapkan peta destinasi unggulan.

Penjabat Bupati Maybrat, Bernhard E Rondonuwu, Minggu 19 November 2023 mengungkapkan saat ini pihaknya melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Maybrat sedang mendorong realisasi rencana tersebut.

Dinas Pariwisata Maybrat pun menggandeng Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung untuk bekersama dalam salam menyiapkan pengembangan wisata di kawasan ini.

Kolaborasi ini bertujuan untuk memetakan lokasi-lokasi strategis yang berpotensi menjadi magnet bagi para pencinta wisata alam.

BACA JUGA: Pengembangan Bandara Ewer Papua Selatan Selesai, Ini Pesan Presiden Jokowi

Berbicara tentang potensi wisata, Bernhard E Rondonuwu menyoroti beberapa destinasi yang dapat dikembangkan. Seperti Danau Uter, Petik Bintang, Kali Kaca, Danau Framo, dan Danau Ayamaru.

Menurut hasil pemetaan dari Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, Danau Uter menjadi salah satu yang paling menjanjikan untuk dikembangkan dalam waktu dekat.

Dalam langkah proaktif menuju pengembangan potensi wisata Danau Uter, Pemerintah Kabupaten Maybrat telah menyiapkan proposal yang akan disampaikan ke Kementerian Pariwisata.

BACA JUGA: Festival Pesona Papua 2023, Ajang Explorasi Atraksi Budaya Khas Papua

Festival Danau Uter

“Kami berharap Kementerian Pariwisata dapat memberikan dukungan, bahkan memberi kami kesempatan untuk menggelar Festival Danau Uter,” ujar Bernhard.

Jika Festival Danau Uter mendapatkan tanggapan positif dari Kementerian Pariwisata, ini dianggap sebagai momen emas bagi Maybrat.

Festival tersebut bukan hanya sebagai ajang hiburan, tetapi juga menjadi panggung untuk memamerkan kekayaan budaya Maybrat sekaligus potensi wisata lainnya.

Dengan demikian, masyarakat Maybrat dapat lebih terbuka terhadap peluang ekonomi yang dapat meningkatkan kesejahteraan mereka.

BACA JUGA: Papua Youth Creative Hub, Cikal Bakal Silicon Valley-nya Indonesia Timur

Sementara itu Bernhard yakin bahwa melalui eksposur potensi wisata dalam festival tersebut, masyarakat Maybrat akan semakin terbuka.

Termasuk,  bersedia menggandeng investor untuk berinvestasi di wilayah mereka. Dengan begitu, Maybrat tidak hanya akan menjadi destinasi wisata yang menarik.

Tetapi juga pusat ekonomi yang berkembang secara mandiri. Sebuah langkah maju yang diharapkan akan membawa dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat setempat. ***

Pos terkait