Papua Youth Creative Hub, Cikal Bakal Silicon Valley-nya Indonesia Timur

Papua Youth Creative Hub
Presiden Joko Widodo melintas di depan gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH), Selasa 21 Maret 2023. Sebuah fasilitas yang dibangun untuk menunjang minat, bakat, dan kreativitas anak-anak muda di Tanah Papua. (Instagram/@jokowi)

TURISIAN.com – Kehadiran Papua Youth Creative Hub (PYCH) menjadi salah satu ruang bagi para pemuda di pamuda untuk mengembangkan kreativitas.

Tidak saja, dalam melahirkan inovasi-inovasi baru seperti dibidang teknologi dan kreativitas. Tetapi juga, bagaimana mengembangkan produk-produk ekonomi lokal.

“Tentunya sangat mengapresiasi Papua Youth Creative Hub yang kita harapkan akan menciptakan ekosistem ekonomi kreatif untuk anak-anak muda di Papua,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam keterangan persnya, Rabu 22 Maret 2023.

Sebelumnya Sandiaga  mendampingi Presiden Jokowi dalam peresmian meresmikan “Papua Youth Creative Hub” di Kota Jayapura, Selasa 21 Maret 2023.

BACA JUGA: Jelajah Keindahan Taman Nasional Teluk Cenderawasih di Papua Barat

Dijelaskan Sandiaga, bahwa sektor pariwisata dan ekonomi kreatif harus berjalan beriringan.

Papua memiliki beragam daya tarik wisata dengan bentangan alam dan budaya yang melimpah.

“Tentunya sangat mengapresiasi Papua Youth Creative Hub yang kita harapkan akan menciptakan ekosistem ekonomi kreatif untuk anak-anak muda di Papua,” kata Menparekraf Sandiaga.

Keberadaan Papua Youth Creative Hub akan sangat penting dalam mendukung pengembangan industri kreatif dengan ciri khas Kota Jayapura.

BACA JUGA: Festival Budaya Berau Dorong Peningkatan Wisatawan ke Fakfak Papua Barat

Ruang Pameran

Sehingga perekonomian masyarakat di Papua dapat meningkat dan membuka lebih banyak peluang usaha dan lapangan kerja.

Hadirnya PYCH di Jayapura ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan 23 Tokoh Muda Papua Inspiratif.

Pertemuyan tersebut berlangsung pada September 2019 di Istana Negara. Yang kemudian dibangun secara kolaboratif oleh Badan Intelijen Negara (BIN) dan Kementerian PUPR.

Gedung berlantai dua ini diproyeksikan akan menjadi Silicon Valley-nya Indonesia Timur. Yang dilengkapi dengan ruang pameran.

BACA JUGA: International Surfing Competition 2022 Bangkitkan Sport Turism Papua Barat

Ada juga, co-working space, ruang teater untuk pengembangan seni dan budaya, ruang riset, studio foto, studio musik, kuliner space, hingga lapangan olahraga.

Presiden Joko Widodo mengatakan Papua Youth Creative Hub menunjukkan bahwa pembangunan Indonesia sekarang bukan Jawa sentris melainkan Indonesia sentris.

Dan tanah Papua menjadi prioritas mulai dari pembangunan aksesibilitas hingga infrastruktur pendukung industri kreatif.

Bidang Industri Kreatif

“Kita harus memberikan kesempatan anak-anak muda kita yang memiliki kreativitas, memiliki inovasi, keinginan besar untuk bergerak di bidang industri kreatif,” kata Presiden.

BACA JUGA: Traveling ke Pantai Bukisi, Surga Tersembunyi di Papua

“Dan ini saya harapkan dapat memberikan peningkatan kesejahteraan, memberikan peningkatan kemajuan kepada masyarakat Papua yang kita cintai,” sambung Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Presiden memberikan arahan kepada Sandi untuk menghadirkan program pendampingan.

Termasuk,  pelatihan terkait ekonomi kreatif kepada para pemuda Papua, serta menyelenggarakan Street Carnival di Jayapura pada bulan Juni mendatang.

Menanggapi arahan tersebut, Sandiaga berencana akan menggelar Street Carnival di Jayapura sebagai side events Festival Danau Sentani yang masuk ke dalam agenda Kharisma Event Nusantara 2023.

BACA JUGA: Tari Perang Falabea, Lambang Semangat dari Tanah Papua

Turut hadir dalam acara peresmian Papua Youth Creative Hub para Menteri Kabinet Indonesia Maju diantaranya Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto.

Terlihat juga, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly.

Lalu, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI Bahlil Lahadalia.

Hadir pula Kepala Badan Intelijen Negara, Budi Gunawan; Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. ***

Pos terkait