Traveling ke Pantai Bukisi, Surga Tersembunyi di Papua

Pantai Bukisi
Pantai Bukisi di Kabupaten Jayapura. (Source: Disbudpar Kab. Jayapura)

TURISIAN.com – Buat Sobat Turisian yang hobi traveling ke destinasi-destinasi wisata yang masih asri dan alami, saatnya ke Papua. Di sana banyak objek wisata alam yang indah dan tersembunyi, jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Salah satunya Pantai Bukisi di Distrik Yokari, Kabupaten Jayapura.

Nama Bukisi sendiri berasal dari Bahasa Yokari, yang terdiri dari kata “Bu” (Air) dan “Kisi” (Pasir Putih). Jadi dalam hakikatnya berarti sebuah tempat indah dengan sungai kecil yang jernih dan pasir putih di sepanjang pantainya. Bukisi juga merupakan nama dari sebuah kampung dengan masyarakatnya yang tinggal di sepanjang pesisir pantai.

Pesona alam di Pantai Bukisi yang hampir belum terjamah tangan modernisasi. Suguhan kemurnian alamnya masih terjaga hingga kini. Sehingga sangat cocok buat Sobat Turisian yang ingin healing atau sekadar melepas penat sesaat dari rutinitas.

Hal menarik lain dari objek wisata pantai ini, begitu Sobat Turisian tiba di Muara Kali Maru bisa menikmati dengan pemandangan nan elok. Tampak lambaian nyiur yang seolah tumbuh di atas gundukan pasir membentang indah di depan kompleks perkampungan.

Lanjut lebih dalam lagi di kawasan Pantai Bukisi, mengalir sungai besar dengan airnyanya yang bening, namanya Kali Maru. Airnya dingin dan segar dengan alirannya pun tak beriak, yang menandakan kali itu cukup dalam. Sehingga speedboat milik warga bisa melintasinya. Sungai ini membentang dari timur membelah bukit, kemudian membagi dua kampung itu menjadi dua bagian.

Baca juga: Menyelami Keindahan Kali Biru Warsambin, Sungai Sebiru Kristal di Papua

Di bagian muara, Sobat Turisian bisa melihat bentangan pasir sungai yang mirip lapangan bola. Di sisi luar tampak rumah warga berderet melingkar di sekitar muara sungai. Inilah yang menjadi salah satu kekhasan alam Bukisi.

Panorama alam wisata ini semakin sempurna dengan hamparan alam pegunungan yang hijau, lahan sagu yang luas membingkai kompleks perkampungan, dan alam Pantai Bukisi. Suasananya sunyi dan damai bakal membuat kalian nyaman.

Aktivitas Wisata di Pantai Bukisi

Untuk urusan kuliner, Sobat Turisian tidak perlu khawatir saat  berlibur di sini. Karena selain keindahan alamnya, laut yang teduh itu telah menyediakan beragam jenis ikan. Bagi kalian yang hobi memancing bisa memuaskan diri di tempat ini. Spot di sekitar muara, kalian bisa berburu kakap payau, kepiting besar, tengiri, dan bobara.

Keseruan traveling di Pantai Bukisi tak sampai di situ, Sobat Turisian yang gemar menyelam dapat melakukannya. Selain menikmati keindahan bawah laut juga bisa sambil berburu ikan. Ingin sedikit memacu adrenalin bisa menjajal ombak dengan selancar.

Akomodasi & Lokasi Pantai Bukisi

Nah untuk sarana akomodasi, tersedia beberapa homestay tradisional. Ada pula gazebo-gazebo buat Sobat Turisian yang ingin sekadar beristirahat. Berjemur di bawah matahari sangat asyik juga di pantai ini karena tempatnya tenang dan tak terlalu ramai.

Baca juga: Tari Perang Falabea, Lambang Semangat dari Tanah Papua

Pantai Bukisi ini berlokasi di sebelah utara Kabupaten Jayapura, tepatnya di Distrik Yokari. Sobat Turisian bisa menempuhnya dengan perjalanan darat sejauh kurang lebih 80 km dari Kota Sentani dan bandara. Kalian juga bisa melalui jalur laut dengan menggunakan perahu atau speedboat dari Distrik Depapre.*

Pos terkait