Ada 66 Event Tercatat dalam Bali Calendar of Event (CoE) 2023

Bali CoE 2023

TURISIAN.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Bali meluncurkan Bali Calendar of Event (CoE) 2023. Di dalamnya, terdapat 66 event bakal memeriahkan Pulau Dewata sepanjang tahun 2023. Meliputi 51 event budaya, 13 event minat khusus/sport, dan 2 event MICE.

Demikian Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Tjok Bagus Pemayun sampaikan saat peluncuran CoE 2023. Sekaligus peresmian Bali Tourism Media Center (BTMC) di Denpasar, Selasa 17 Janauari 2023 lalu.

“Sebenarnya masih ada banyak event yang belum tercatat karena kurangnya informasi dari penyelenggara,” ungkapnya, mengutip dari laman disparda.baliprov.go.id.

Selanjutnya, untuk ke depannya, pihaknya berharap ada informasi yang lebih awal dan lebih jelas terhadap pelaksanaan event yang ada di Bali. Sehingga bisa promosi bersama-sama sebagai bagian dari daya tarik pariwisata Bali.

Menurutnya, Bali CoE 2023 ini untuk merespons situasi pandemi Covid-19 yang sudah berakhir. Penandanya pencabutan status PPKM di Indonesia oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Baca juga: Sungai Gelar Jembrana yang Indah, Alternatif Wisata Murah Meriah di Bali

“Kondisi ini harus kita respons dengan sesuatu tindakan yang mampu mempercepat kebangkitan pariwisata Bali,” ujarnya.

Lebih lanjut Kadispar menambahkan, terdapat beberapa hal yang perlu pemikiran lebih lanjut untuk perkembangan pariwisata ke depan. Karena penanganan pariwisata pascapandemi Covid-19 akan sangat berbeda dengan apa yang biasa lakukan di masa-masa terdahulu.

Ia juga mengatakan, para pemangku kepentingan tidak boleh “taken for granted’ atau acuh melihat perkembangan pariwisata yang mengalir begitu saja. Sebagai komponen penting dalam pembangunan pariwisata Bali, semua pihak harus mampu sebagai mesin yang berperan di posisi masing-masing.

“Selalu mampu memberikan power dalam menggerakan pariwisata. Sehingga pariwisata Bali adalah pariwisata yang terkelola dengan baik dan apik. Sesuai yang harapan dalam Peraturan Daerah Bali Nomor 5 tahun 2020, tentang Standar Penyelenggaraan Kepariwisataan Budaya Bali,” tutupnya.

Baca juga: Tulamben, Wisata Bahari Karangasem Bali yang Sajikan Pesona Bawah Laut

Untuk informasi deretan event dalam Bali Calendar of Event (CoE) 2023 selengkapnya, dapat klik di sini.*

 

Sumber: Disparda Prov. Bali

Pos terkait