Tulamben, Wisata Bahari Karangasem Bali yang Sajikan Pesona Bawah Laut

Tulamben Karangasem Bali
Tampak Para Penyelam di Tulamben Karangasem Bali. (Source: Pemkab Karangasem)

TURISIAN.com – Buat Sobat Turisian yang berencana atau mengulang lagi liburan ke Bali, bisa coba ke Karangasem. Di sana banyak wisata bahari dengan sajian pesona alam dan bawah laut yang menakjubkan. Seperti Desa Wisata Tulamben salah satunya.

Kawasan wisata ini merupakan pengembangan yang meliputi 2 kecamatan, yaitu Desa Tulamben di Kecamatan Kubu. Serta Desa Datah, Desa Labasari, Desa Culik, Desa Purwakerti, dan Desa Bunutan di Kecamatan Abang.

Lokasi Tulamben sendiri masuk wilayah Kecamatan Kubu, bagian utara Kabupaten Karangasem, Bali. Berjarak sekira 25 km dari Kota Amlapura, ibu kota Kabupaten Karangasem. Kemudian jarak dari objek wisata Candidasa sejauh 37 km dan sekitar 82 km dari Kota Denpasar.

Baca juga: Berkunjung ke Taman Ujung yang Cantik Peninggalan Kerajaan Karangasem

Untuk menuju ke destinasi wisata Karangasem yang satu ini, Sobat Turisian akan melalui akses yang mudah karena letaknya berada di pinggir jalan raya jurusan Amlapura – Singaraja. Jadi kalian bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Daya Tarik Utama Tulamben Bali

Saat berlibur di tempat ini, Sobat Turisian bisa menikmati daya tarik utamanya, yakni potensi alam bawah lautnya yang eksotis. Sangat menarik buat kegiatan diving dan snorkeling karena kondisi airnya yang jernih sepanjang tahun dan arusnya yang tenang.

Di bawah laut Tulamben, Sobat Turisian akan menemukan kerangka kapal “ÚS Liberty” pada kedalaman 30 meter di bawah laut. US Liberty merupakan kapal dagang AS yang karam akibat terhantam torpedo kapal selam Jepang pada tanggal 11 Januari 1942, ketika dalam pelayarannya melintasi Selat Lombok.

Menyelam di kedalaman dan melihat kapal karam Liberty merupakan alasan terbaik para penyelam yang datang ke objek wisata Bali ini. Perkiraan, ada sekitar 400 spesies ikan karang mendiami kapal karam tersebut dan sekitar 100 spesies ikan laut lepas (pelagic) mengunjunginya.

Spot kapal AS di Tulamben ini juga terkenal dengan sebutan Paradise Reef karena penuh dengan kejutan hewan laut yang muncul. Seperti jenis ribbon eel, mimic octopus, boxer crabs, ghost pipefish, seahorse, leaf fish, garden eel, lion fish, harlequin shrimp. Serta jenis lain yang tidak biasa juga ada yang menemukannya di sini.

Baca juga: Megibung, Tradisi Makan Bersama Warisan Kerajaan Karangasem Bali

Tak hanya itu, kalian pun akan terpukau dengan kumpulan besar jack fish yang jumlahnya hingga ratusan ekor. Kelompok ikan ini selalu meramaikan kapal karam tersebut dan mereka sangat ramah pada penyelam.*

Pos terkait