Hati-hati Posting Booking Tiket di Media Sosial,Bisa Kejadian Seperti Ini

Media Sosial
Para calon penumpang kereta sedang melakukan boarding tiket. (Foto: Dok.PT KAI)

TURISIAN.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) baru-baru ini menjadi sorotan media sosial karena insiden viral di Stasiun Cimahi, Jawa Barat Senin 13 November 2023.

Seseorang dilaporkan “membatalkan tiket” orang lain tanpa sepengetahuan pemilik tiket, melalui Loket Box.

Terhadap hal ini,  Vice President Public Relations KAI, Joni Martinus, memberikan klarifikasi terperinci.

Menurutnya, ternyata tiket tersebut tidak dibatalkan, tetapi mengalami reschedule oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Awalnya, tiket terdaftar untuk KA Harina Bandung – Surabaya Pasar Turi pada 13 November 2023. Namun, ada perubahan menjadi KA Ciremai Cimahi – Semarang Tawang Bank Jateng pada 14 November 2023.

BACA JUGA: Kemenkominfo Nobatkan Media Sosial Babel Terbaik di Indonesia

Akibatnya, pemilik tiket ditolak di gate boarding karena ketidaksesuaian tanggal dan rute.

Joni menegaskan pentingnya menjaga kerahasiaan kode booking, terutama setelah proses pembayaran. Kode booking, sebagai informasi privat, menjadi kunci saat proses boarding, pembatalan, atau perubahan jadwal.

Bahkan Joni juga menyatakan keprihatinan atas tindakan ini, yang merugikan pemilik tiket yang seharusnya menikmati perjalanan dengan KA Harina.

Jangan sembarangan membagikan kode booking

Oleh sebab itu, KAI mengingatkan masyarakat untuk tidak sembarangan membagikan kode booking. Karena tindakan tersebut dapat disalahgunakan.

BACA JUGA: Menyambut Liburan Natal 2023, PT KAI Sudah Buka Loket Penjualan Tiket

“Contohnya, apa yang terjadi dalam unggahan viral tersebut. Pihak KAI saat ini sedang mencari pelaku yang terekam CCTV ketika mengakses proses kode booking di Loket Box Stasiun Cimahi,” ujar Joni.

Proses perubahan jadwal dan pembatalan tiket kereta api di Loket Box memiliki tahapan yang jelas, dan KAI telah memperhatikan tingkat keamanan dan kemudahan bagi pelanggan.

Kode booking yang jatuh ke tangan yang salah dapat merugikan pemilik tiket dan menciptakan ketidaknyamanan dalam perjalanan.

Sementara itu, KAI mencatat ketersediaan tiket kereta api untuk periode libur Natal dan Tahun Baru. Sebanyak 185.723 tiket jarak jauh atau 17% dari total tiket tersedia telah terjual untuk periode 21 s.d 29 Desember 2023.

BACA JUGA: Promo Tiket Kereta Anti Jaim, Berikan Diskon Hingga 25 Persen, Kemana Saja?

KAI berharap masyarakat segera memesan tiket karena penjualan masih berlangsung, dan tiket masih tersedia dalam jumlah yang cukup untuk Angkutan Natal dan Tahun Baru.

Joni menambahkan bahwa tanggal keberangkatan favorit adalah pada 22 Desember, dengan penjualan tiket mencapai 38.401 tiket.

Beberapa KA favorit untuk Angkutan Nataru termasuk KA Airlangga, KA Jayabaya, KA Serayu, dan KA Kahuripan. ***

Pos terkait