Tour de Merapi Kembali Digelar, Rutenya Bakal Melewati Destinasi Terkini

Tour de Merapi
(Instagram/@Tour de Merapi)

TURISIAN.com – Dalam rangka memperkenalkan kembali pesona destinasi wisata unggulan, Tour de Merapi (TDM) kembali digelar Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Event jelajah wisata tahunan dalam edisi ke-19 yang akan digelar pada tanggal 23 Juli 2023 ini, akan fokus pada destinasi wisata di Sleman bagian utara dan timur.

Rute yang dipilih dengan sengaja melewati wilayah-wilayah tersebut bertujuan untuk memperkenalkan kembali destinasi wisata. Dimana saat ini  semakin berkembang dan mengingatkan masyarakat akan pesonanya.

“Rute Sleman utara dan timur pernah dilalui oleh TDM sebelumnya. Namun, tahun ini kami memilih jalur tersebut dengan penampilan destinasi wisata terkini,” ujar Ishadi Zayid, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, hari ini.

BACA JUGA: Menengok Cagar Budaya Gua Sentono di Sleman Yogyakarta

Selain rute tadi, juga ada  tambahan suguhan menarik di setiap pos atau jalur yang dilalui.

Perjalanannya nanti, akan  dimulai dari Lapangan Pemda Sleman dan berakhir di kawasan Taman Tebing Breksi Prambanan. Dimana, peserta TDM 2023 akan melintasi destinasi-destinasi wisata di lereng Gunung Merapi. Seperti wilayah Pakem dan Cangkringan.

Petualangan mereka akan mencapai puncaknya di kawasan perbukitan Prambanan yang menawarkan keindahan alam, bangunan candi, dan Tebing Breksi yang mengagumkan.

TDM merupakan ajang jelajah wisata menggunakan kendaraan roda dua yang memiliki total jarak tempuh sekitar 100 kilometer.

BACA JUGA: JNE Ngajak Online 2023, Mendorong Kreativitas UMKM dalam Era Digital di Yogyakarta

Menargetkan partisipasi sekitar 300 sepeda motor

Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman bekerja sama dengan Saka Pariwisata Kabupaten Sleman dan Badan Promosi Pariwisata Kabupaten Sleman.

“Melalui kegiatan bermotor santai ini, kami ingin lebih memperkenalkan kembali destinasi pariwisata yang ada di Kabupaten Sleman,” tambah Ishadi.

Dengan tema “Explore Sleman”, TDM 2023 menargetkan partisipasi sekitar 300 sepeda motor atau sekitar 600 peserta.

Selain menjelajahi pesona Sleman bersama-sama, acara ini juga menyediakan berbagai hadiah menarik bagi para peserta. Termasuk sepeda motor, sepeda, televisi, laptop, ponsel, dan hadiah-hadiah lainnya.

BACA JUGA: Pasca Guncangan Gempa 6,4, Begini Kondisi Tempat Wisata di Yogyakarta

Setiap peserta memiliki kesempatan untuk memenangkan doorprize tersebut setelah mengumpulkan cap dari lima pos yang disiapkan di sepanjang perjalanan.

“Semua jenis motor dengan kapasitas di bawah 250 cc diizinkan untuk berpartisipasi. Peserta diwajibkan untuk menyerahkan salinan identitas diri (KTP dan/atau SIM C) serta salinan STNK motor pada saat pendaftaran,” terang Ishadi.

Pendaftaran peserta dapat dilakukan langsung di Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman selama jam kerja.

BACA JUGA: Menikmati Bird Watching Ribuan Burung Kuntul di Desa Wisata Ketingan Sleman

Atau melalui pendaftaran online di s.id/TDM2023 hingga tanggal 21 Juli 2023.

“Dengan biaya pendaftaran sebesar Rp200.000 per motor, peserta akan mendapatkan fasilitas berupa jaket bagi pengemudi, asuransi untuk pengemudi dan penumpang,” jelas Ishadi.

“Nanti juga ada voucher makan untuk dua orang, kupon doorprize. Serta pengalaman bermotor yang menikmati keindahan alam dan budaya sepanjang acara berlangsung,” sambung Ishadi dengan antusias. ***

Pos terkait