JNE Ngajak Online 2023, Mendorong Kreativitas UMKM dalam Era Digital di Yogyakarta

JNE Ngajak Online 2023
Event JNE Ngajak Online 2023 Goll..Aborasi Kota Yogyakarta yang dilaksanakan di Silol Kopi & Eatery Yogyakarta, Kamis 6 Juli 2023. Foto: Ist

TURISIAN.com – Suasana semarak terpancar dari Silol Kopi & Eatery Yogyakarta Kamis, 7 Juli 2023, ketika Angklung Store Yogyakarta membuka acara JNE Ngajak Online 2023 bertajuk “Creativolution”.

Acara yang dihadiri oleh Kepala Cabang JNE Yogyakarta, Adi Subagyo, mengundang pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk terus berinovasi dalam dunia digital.

Dalam sambutannya, Adi Subagyo menyampaikan, “Tema acara ini, Creativolution, menggambarkan bagaimana kita dapat berkreativitas untuk menjadi lebih baik dan berevolusi menjadi manfaat bagi orang lain.”

Menurutnya, acara ini merupakan kesempatan emas bagi para pebisnis yang ingin memulai usaha. Ia berharap bisnis mereka semakin berkembang, dan JNE akan senantiasa memberikan dukungan.

BACA JUGA: Event Gowes Berhadiah Rp 324 Juta Segera Digelar, Ini Rute 199 Km yang Dilewati

Terlebih lagi, di Yogyakarta, terdapat 64 persen pelaku usaha wanita yang tangguh.

“Sejalan dengan komitmen JNE, kami sangat mendukung UMKM di Indonesia. Oleh karena itu, JNE terus berkomitmen untuk melaksanakan program JNE Ngajak Online 2023: Creativolution ini,” tambahnya.

Meningkatkan Potensi Penjualan

Sejak enam tahun lalu, JNE telah mengajak UMKM untuk meningkatkan potensi penjualan mereka dalam era digital melalui program JNE Ngajak Online yang digelar di 10 kota besar di Indonesia.

Kini, giliran Yogyakarta menjadi tuan rumah dengan tema Creativolution. Acara ini digelar secara hibrid, menghadirkan pembicara dari berbagai latar belakang bisnis model.

BACA JUGA: Pameran Foto & Kilas Pitulas , Mengenang Gempa Bumi di Yogyakarta, Seru Lho Guys..

Beberapa narasumber yang dihadirkan adalah Owner GOTOSOVIE, Ewindha Sari, Influencer dan Owner Kaktus Coffee, Selma Dena, serta Head of Media Communication Department JNE, Kurnia Nugraha.

Mereka berdiskusi tentang strategi penjualan UMKM di era digital saat ini.

Ewindha Sari berbagi pengalaman tentang perjalanan bisnis GOTOSOVIE yang dimulai sejak tahun 2009. Ia menjelaskan bahwa perusahaan tersebut telah berkembang pesat melalui strategi pemasaran digital yang kreatif.

“GOTOSOVIE awalnya memanfaatkan Facebook dengan menggunakan metode tag dan multiply, yang kini fiturnya sudah tidak lagi tersedia. Perkembangan pemasaran dari tahun 2009 hingga 2023 sangatlah berbeda dan cepat,” ungkapnya.

Menurutnya, kreativitas menjadi kunci utama untuk mencapai kesuksesan dalam era digital ini. Dengan kreativitas, kita dapat menciptakan keunikan pada merek kita melalui desain, pesan, dan nilai-nilai yang diusung.

BACA JUGA: Merasakan Glamping D ;Kaliurang Yogyakarta, Seperti Ini Rasanya

Strategi bisnis di era digital

Selma Dena, selain sebagai influencer, juga membagikan strategi bisnisnya di era digital. Ia menekankan pentingnya mengikuti tren terkini, terutama dalam konten yang dibuat.

“Ketika kita membuat konten, kita harus memiliki tujuan yang jelas, yakni untuk mempromosikan usaha kita,” katanya.

“Kreativitas dalam mencari referensi tren konten yang sedang berkembang, mempelajari format konten. Serta memberikan nilai tambah kepada penonton merupakan kunci sukses dalam memproduksi konten yang terlihat alami,” sambungnya.

Sementara itu Kurnia Nugraha, sebagai perwakilan dari JNE, menyatakan bahwa perusahaan logistik ini berupaya memberikan wadah bagi UMKM untuk belajar.

Membuat konten sendiri memang membutuhkan kreativitas yang tinggi.

BACA JUGA: Liburan di Yogyakarta, Coba Kunjungi Candi Ijo Ini Guys..

“Melalui program JNE Ngajak Online, kami berharap para pelaku UMKM di Yogyakarta yang hadir hari ini dapat memperoleh wawasan berharga dari acara ini dan menerapkannya langsung pada produk mereka,” ujarnya.

Dengan melihat potensi industri kreatif di Yogyakarta, Kurnia mengungkapkan bahwa kota ini adalah salah satu pusat industri kreatif yang tak kalah bersaing.

Roket Indonesia

Selain menggelar program seperti JNE Ngajak Online, JNE juga memberikan dukungan pada Roket Indonesia, aplikasi pengiriman barang instan yang telah hadir di 62 cabang kota di Indonesia.

Roket merupakan inisiatif dari JNE untuk menggali potensi pasar dan memberikan kepuasan kepada pelanggan.

BACA JUGA: Objek Wisata Yogyakarta tetap Beroperasi Normal Pasca Erupsi Gunung Merapi

“Sebagai salah satu pelopor jasa ekspedisi di Indonesia, JNE akan terus menunjukkan komitmennya dalam membantu Indonesia. Termasuk memberikan edukasi kepada UMKM. Yakni, mengenai strategi penjualan di era digital untuk meningkatkan potensi bisnis mereka,” tegas Kurnia.

Dengan adanya acara JNE Ngajak Online 2023: Creativolution ini, diharapkan UMKM di Yogyakarta semakin berdaya saing. Dan mampu memanfaatkan peluang dalam era digital untuk pertumbuhan bisnis yang lebih baik.

Semoga acara ini menjadi tonggak penting bagi perkembangan industri kreatif di Yogyakarta dan memberikan inspirasi kepada para pelaku UMKM di seluruh Indonesia. ***

Pos terkait