Liburan di Yogyakarta, Coba Kunjungi Candi Ijo Ini Guys..

Liburan di Yogyakarta
Sisi lain wisaya di Yogyakarta adalah Candi Ijo. Peninggalan kerajaan Mataram Kuno ini banyak menyimpan cerita. Foto: Dok.iStock

TURISIAN.com – Nih, buat kalian yang lagi nyari tempat keren buat liburan di Yogyakarta. Ga usah bingung-bingung lagi, cobain deh dateng ke Candi Ijo!

Ini adalah situs peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang terletak di daerah perbukitan sebelah timur kota Yogyakarta, dengan ketinggian sekitar 395,481 meter di atas permukaan laut.

Kalo lagi cerah, kalian bisa nikmatin view indah dari Candi Ijo. Bisa juga liat dataran rendah Yogyakarta di sebelah barat dan Perbukitan Menoreh di sebelah barat. Seru banget deh pokoknya!

Harga tiket masuknya juga terjangkau banget loh, cuma Rp 7.000 buat orang Indonesia dan Rp 15.000 buat turis asing.

BACA JUGA: Sedapnya Jadah Tempe, Kuliner Yogyakarta yang Sudah Melegenda Sejak 1950

Jadwal bukanya juga fleksibel. Kalian bisa kesini mulai dari jam 9 pagi sampe jam 5 sore kalo hari biasa. Dan kalo lagi libur bisa dari jam 7 pagi sampe jam 5 sore.

Sayangnya, kalian ga bisa ngeliat sunset dari Candi Ijo. Tapi tenang aja, Tebing Breksi yang lokasinya deket banget sama Candi Ijo juga bisa jadi pilihan kalo kalian mau liat sunset.

Tebing Breksi juga buka sampe malam hari, jadi kalian bisa mampir kesana abis dari Candi Ijo. Seru banget deh pokoknya, jangan sampe kelewatan yaa!

BACA JUGA: Objek Wisata Yogyakarta tetap Beroperasi Normal Pasca Erupsi Gunung Merapi

Tempat Menginap (Hotel)

Tentu saja, untuk kalian yang mau staycation di dekat Candi Ijo, ada beberapa pilihan hotel yang bisa kalian cek, nih.

Pertama, ada Villa Padi Sleman yang lokasinya hanya sekitar 2 kilometer dari Candi Ijo. Villa ini menawarkan kamar-kamar yang nyaman dengan pemandangan taman yang asri.

Kalian juga bisa menikmati fasilitas kolam renang dan restoran yang ada di Villa Padi Sleman.

Selain itu, ada juga Alam Citra Bed and Breakfast yang lokasinya juga cukup dekat dengan Candi Ijo. B&B ini menawarkan kamar-kamar yang dilengkapi dengan AC dan kamar mandi dalam.

BACA JUGA: Taman Pintar Yogyakarta Siap Sambut Wisatawan di Libur Lebaran

Ada juga teras dan taman yang asri yang bisa jadi tempat kalian bersantai.

Kalo kalian mencari penginapan yang lebih mewah, kalian bisa coba mampir ke The Westlake Resort Yogya. Resort yang menawarkan pemandangan Danau Singkarak yang indah ini hanya berjarak sekitar 3,5 kilometer dari Candi Ijo.

The Westlake Resort Yogya menawarkan fasilitas kolam renang, spa, dan restoran yang enak-enak banget. Kalian pasti betah banget deh staycation disini!

BACA JUGA: Becak Listrik Bakal Mengisi Transportasi Wisata di Yogyakarta, Ini Kata Sri Sultan

Tempat Kuliner

Jika kamu berkunjung ke Candi Ijo, kamu juga bisa mencicipi kuliner khas Yogyakarta yang lezat. Dan tentunya menggugah selera. Berikut ini beberapa tempat kuliner di sekitar Candi Ijo yang bisa kamu coba:

  1. Angkringan Lik Man Angkringan Lik Man ini sudah terkenal banget di Yogyakarta. Kamu bisa menikmati berbagai macam menu khas angkringan seperti nasi kucing, sate usus, dan gorengan. Tempatnya juga sangat cozy dan cocok untuk nongkrong santai.
  2. Warung Handayani Warung Handayani adalah tempat yang cocok untuk kamu yang ingin mencicipi sate klatak, yaitu sate yang terkenal di Yogyakarta. Warung ini juga menyediakan berbagai macam lauk-pauk dan nasi goreng yang enak banget.
  3. Bu Ageng Bu Ageng adalah salah satu restoran yang terkenal di Yogyakarta. Di sini kamu bisa menikmati aneka menu masakan tradisional Yogyakarta seperti gudeg, nasi liwet, dan ayam geprek. Tempatnya juga sangat instagramable, jadi jangan lupa untuk foto-foto ya!
  4. Gudeg Pawon Gudeg Pawon juga tidak kalah terkenal di Yogyakarta. Tempatnya sangat sederhana, tapi kamu bisa menikmati gudeg yang sangat lezat dan nikmat. Gudeg Pawon buka dari pukul 08.00 hingga 22.00 WIB setiap harinya.

Itulah beberapa tempat kuliner di dekat Candi Ijo yang bisa kamu coba. Selamat liburan di Yogyakarta dan mencicipi kulinernya !

Pos terkait