Taman Pintar Yogyakarta Siap Sambut Wisatawan di Libur Lebaran

Taman Pintar
Di Playground Area Taman Pintar Yogyakarta pengnjung bisa menikmati berbagai alat peraga dan tampilan display. Seperti Air Laminer, Tapak Presiden, Katrol, Dinding Berdendang. (Instagram/@tamanpintar_yogyakarta)

TURISIAN.com – Buat kalian yang kebetulan mudik lebaran ke Yogyakarta, ada Taman Pintar (TP) untuk menjadi tujuan berwisata.

Ya, salah satu tempat wisata di Kota Yogyakarta tengah dipersiapkan untukp menyambut datangnya libur Lebaran 2023.

Salah satu persiapan adalah menyiapkan satu wahana baru untuk pengunjung saat libur Idul Fitri 2023.

“Kami masih kejar penyelesaian satu zona baru, tapi masih untuk kejutan wisatawan,” kata  Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Budaya Kota Yogyakarta Retno Yuliani seperti dikutip Turisian.com dari Kompas.com, Minggu 9 April 2023.

BACA JUGA: Tiket KA Lebaran dari Daop 6 Yogyakarta Ludes Terjual

Selain mempersiapkan zona baru, TP juga melakukan pemeliharaan terhadap zona-zona yang sudah ada.

Pihak Taman Pintar juga menyiapkan sumber daya manusia (SDM) dengan memberi mereka pembekalan untuk menghadapi libur Lebaran tahun ini.

Jaga kondisi alat peraga

Untuk meminimalkan kerusakan alat peraga, berbagai upaya diakukan. Beberapa di antaranya adalah ronda dan pemantauan alat dari teknisi, serta mengaktifkan laporan kerusakan dari pemandu yang ada.

BACA JUGA: Jembatan Kretek II Yogyakarta Jadi Jalur Alternatif Mudik Lebaran 2023

“TP melakukan pemeliharaan seperti pergantian akrilik aquarium. Termasuk, untuk SDM  pemandu wisata,  kami adakan sosialisasi pelayanan prima dengan mengundang narasumber yang kompeten,” jelas Retno.

Selain pergantian akrilik pada tahun 2023 ini, sejumlah proyek revitalisasi direncanakan akan dilakukan di Taman Pintar.

Diantaranya, revitalisasi area entrance Gedung Oval, Perbaikan akuarium, revitalisasi akses tangga keluar, dan pembenahan atap.

Libur Lebaran kali ini TP memprediksi jumlah wisatawan tiap harinya berkisar 3.000 sampai dengan 5.000. Dengan puncak kunjungan antara h+1 Lebaran hingga h+5.

“Tetapi sampai akhir bulan sepertinya masih ramai,” tutupnya. ***

Pos terkait