Jembatan Kretek II Yogyakarta Jadi Jalur Alternatif Mudik Lebaran 2023

Jembatan Kretek II
Seorang pesepeda melintas di Jembatan Kretek II yang membetang di atas yang membentang di atas Sungai Opak di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogayakarta. Instagram/@blusukanbantul)

TURISIAN.com – Jembatan Kretek II yang membentang di atas Sungai Opak di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, DIY akan difungsikan sebagai jalur alternatif mudik lebaran 2023.

Kepastian tersebut disampaikan Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).  Dimana, pemanfatan Jembatan Kretek II ini diharapkan bisa membantu para pemudik lebaran.

Sementara itu, Kepala Dishub DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti mengatakan telah berkoordinasi dengan Satker Pelaksana Jalan Nasional (PJN) terkait pemanfaatan jembatan itu.

“Kami sudah koordinasi dengan PJN untuk bisa dijadikan alternatif di sisi selatan (DIY) untuk mengurai kemacetan,” kata dia seperti dikutip dari Antaranews, Senin 27 Maret 2023.

BACA JUGA: Jalan Tol Cisumdawu Sudah Bisa Dilewati untuk Mudik Lebaran 2023

Menurut Made, jalur alternatif di sisi selatan DIY diperlukan. Kususnya untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas di kawasan objek wisata Parangtritis saat momentum mudik lebaran tiba.

“Untuk mengurai kemacetan yang di Parangtritis,” kata dia.

Ditambahkan Made, pihaknya  memastikan bahwa  Satker PJN telah menyepakati rencana pemanfaatan jembatan tersebut saat momentum Lebaran mendatang.

“Sudah ada kesepakatan,” ujar dia.

Desa Parangtritis

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Bina Marga bersama Pemerintah Kabupaten Bantul telah melakukan uji coba fungsional Jembatan Kretek II yang berada di Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) pada 31 Januari 2023.

BACA JUGA: Becak Listrik Bakal Mengisi Transportasi Wisata di Yogyakarta, Ini Kata Sri Sultan

Meski Jembatan Kretek II sudah boleh dilintasi kendaraan, namun pemerintah tetap memantau perkembangan lalu lintas.

Khususnya, di atas jembatan yang menghubungkan Desa Tirtohargo dan Desa Parangtritis ini bisa berjalan dengan baik.

Menurut Ni Made, rencana pemanfaatan Jembatan Kretek II sebagai persiapan Pemda DIY dalam menyambut sebanyak 5,8 juta pemudik.

BACA JUGA: Harga Tiket Mudik Lebaran Diperkirakan tak Jauh Beda, Berapa Kisarannya?

Jumlah ini diperkirakan masih akan naik memasuki wilayah DIY pada momentum Lebaran 2023.

Selain itu, Dishub DIY akan menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik.

Dishub DIY juga bakal menyusun peta jalur lalu lintas yang rawan macet, rawan kecelakaan, rawan longsor, serta jalur-jalur alternatif yang dapat dilalui pemudik.

***

Pos terkait