Pameran Foto ‘Kilas Pitulas’, Mengenang Gempa Bumi di Yogyakarta, Seru Lho Guys..

Pameran Foto
Seorang pengunjung Pameran Foto Tilas Pitulas sedang mengamati foto-foto bencana gempa di Yogyakarta. (Instagram/@pfijogja)

TURISIAN.com – Pameran foto seru nih, guys! PFI Yogyakarta lagi ngadain pameran foto jurnalistik yang keren abis, namanya “Kilas Pitulas”.

Tujuannya buat mengenang gempa bumi hebat yang guncangin Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan sebagian Jawa Tengah pada tanggal 27 Mei 2006.

Pamerannya bakal berlangsung sampe tanggal 2 Juni 2023, dan dibuka oleh si bossnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, namanya Biwara Yuswantana.

Tempatnya di Warung Mie Ayam dan Bakso Dhongso, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, guys, JumatĀ  26 Mei 2023.

Biwara bilang, lewat pameran ini kita harus inget buat belajar dari masa lalu dan jadi lebih waspada.

BACA JUGA: Buat Kalian Pecinta Buku, Jangan Lewatkan Moment Big Bad Wolf Books Ini

Kita harus tingkatkan kesiapsiagaan, edukasi masyarakat, dan kasih pemahaman yang lebih baik.

Biwara cerita, gempa yang terjadi 17 tahun lalu itu jadi catatan gede dalam sejarah bencana di DIY.

Menurut dia, tragedi itu harus jadi pelajaran bersama karena masih ada potensi terulang di masa depan. Kita berharap enggak sih, tapi sayangnya pernah terjadi enggak cuma sekali, katanya Biwara.

Ada 59 karya foto jurnalistik yang dipamerin, guys, yang gambarnya nunjukin kehidupan dan kehancuran setelah gempa dengan kekuatan 5,9 Skala Richter mengguncang DIY-Jateng.

Ada foto bangunan runtuh, kesedihan, dan kepanikan masyarakat juga yang jadi fokus pamerannya.

BACA JUGA: 7 Spot Menarik di Pameran Art Jakarta Gardens 2023, Apa Saja?

Sementara itu, Ketua Pelaksana Pameran Kilas Pitulas, Aka Rahman, ngomong kalo pameran ini coba mengabadikan momen-momen penting selama dan sesudah gempa.

Kita bisa lihat perjuangan masyarakat dalam menghadapi bencana dan upaya mereka dalam membangun kembali hidup mereka. Keren, kan?

Foto-foto yang bikin terenyuh

Selain foto-foto yang nunjukin kesedihan, ada juga yang nunjukin semangat dan ketahanan masyarakat setelah gempa.

Kita bisa lihat proses pemulihan, distribusi bantuan, dan kerja keras masyarakat dalam membangun rumah, sekolah, dan infrastruktur yang rusak.

BACA JUGA: Pameran Pariwisata Indonesia, UMKM, dan Festival Kuliner Ramaikan ATF 2023 Yogyakarta

Kalo kamu dateng ke pameran ini, kamu juga bisa liat beberapa foto yang nunjukin solidaritas dan kebersamaan antara masyarakat Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Bahkan ada juga foto-foto yang nunjukin bantuan dari luar negeri, guys!

Aka, si Ketua Pelaksana Pameran Kilas Pitulas, harapannya lewat pameran ini, kita semua bisa inget betapa pentingnya solidaritas dan kerja sama.

Kita juga harus siap dan cepat tanggap kalo kita dihadapkan sama bencana yang tiba-tiba.

Pameran ini juga ngingetin kita tentang kekuatan manusia dalam menghadapi bencana dan berusaha ngatasinnya. So, yuk, kita dateng ke pameran ini.

BACA JUGA: Pameran Survei Museum Macan Bakal Hadir di Indonesia, Ini Jadwalnya

Paling tidak, buat ngeliat gimana manusia bisa kuat dan tangguh saat dihadapkan dengan bencana. Kita bisa belajar banyak dari pengalaman ini, guys!

Jadi, buruan deh merapat ke Pameran Kilas Pitulas, biar kita bisa liat foto-foto keren dan dapet inspirasi buat jadi lebih aware sama potensi bencana di sekitar kita.

Kita juga bisa dapet pengertian yang lebih dalam tentang pentingnya persiapan dan respons cepat saat kita menghadapi ancaman alam yang enggak terduga.

Seru kan, guys?

Jangan sampai ketinggalan pameran ini. Dateng, renungin, dan kita semua bisa jadi lebih siap dan tanggap dalam menghadapi bencana. Yuk, tunjukin solidaritas dan semangat kita bareng-bareng! ***

Pos terkait