Warung Mak Beng Bali, Tak Hanya Diserbur Wisnu, Tapi Juga Wisman

Warung Mak Beng Bali
Suasana di Warung Mak Beng Bali yang selalu didatangi wisatawan setiap hari. (Dok.iStock)

TURISIAN.com – Siapa yang tak kenal Warung Mak Beng Bali. Tempat kuliner yang jadi hotspot favorit buat turis lokal maupun internasional yang lagi liburan di Bali.

Awalnya warungini sih  biasa aja, tempat mangkal sopir bemo gitu, tapi sekarang jadi terkenal banget. Bahkan masuk ke daftar 150 restoran paling keren di dunia versi TasteAtlas tahun 2023! Mak Beng berada di posisi ketiga lho!

Posisi pertama ditempati oleh Figlmüller di Austria, dan posisi kedua diduduki oleh Katz’s Delicatessen di New York, Amerika Serikat.

Warung Mak Beng didirikan oleh Ni Ketut Tjuki dan suaminya, I Putu Gede Wirya (Nyoo Tik Gwan), pada tahun 1941. Awalnya mereka jualan makanan biasa dan jajanan, kayak warung makan pada umumnya.

BACA JUGA: Bebek Bengil Ubud, Keragaman Kuliner Bali yang Disukai Para Presiden

Konon katanya, dulu Warung Mak Beng itu tempat mangkalnya sopir bemo, guys!

Andalan utama di Warung Mak Beng adalah sambelnya yang super enak! Sambel spesial itu dibuat sama mertua Mak Beng dan udah jadi ciri khas sejak warung ini didirikan.

“Sambel itu memang yang paling jagoannya. Yang kedua, baru supnya. Tapi sambelnya Mak Beng, yang paling juara!” kata Dodit, pemilik Warung Mak Beng generasi ketiga itu.

Dulu sebelum terkenal buat turis lokal dan mancanegara, warung makan ini belum jadi restoran yang spesialis masakan ikan kayak sekarang.

BACA JUGA: Festival Danau Ranau Kembali Gilar Guys, Ini Jadwalnya

Mak Beng dulu cuma jualan makanan biasa dan jajanan aja. Mirip banget sama warung makan biasa. Ada yang bilang, dulu Warung Mak Beng tuh tempat mangkal sopir bemo, guys!

Pramusaji di Warung Mak Beng nganterin hidangan kuliner ikan laut buat pembeli, guys! Tempatnya di Sanur, Denpasar, Bali.

Berdiri Sejak Tahun 2014

Warung ini udah berdiri sejak tahun 1941 dan jualan ikan laut goreng, sup kepala ikan laut, dan sup sayur. Mak Beng masuk ke dalam daftar restoran paling keren nomor tiga di dunia versi TasteAtlas.

Menu andalan di Warung Mak Beng tuh sup kepala ikan dan ikan goreng. Tergantung stoknya, ikan yang dipake bisa tongkol, kakap, tenggiri, atau ikan lainnya. Semua ikannya hasil tangkapan nelayan lokal di Sanur dan sekitarnya, guys!

BACA JUGA: Megawati Sebut Tarian Bali Mulai Pudar Karena Masuk Hotel

Ikan goreng di sini tuh enak banget, teksturnya renyah di luar tapi tetap lembut di dalam. Gak keras sama sekali! Apalagi kalau dicocol sama sambel terasi khas Mak Beng, bikin nagih banget!

Dodit bilang, mereka gak spesifik pake ikan tertentu buat diolah dan disajikan ke pelanggan di Warung Mak Beng. Tapi karena deket pantai Sanur, biasanya yang paling sering dipake itu ikan jangki hasil tangkapan nelayan.

Sup Pake Bumbu Tradisional

Sup ikannya juga gak kalah enak, jadi pelengkap yang pas buat nongkrong di Warung Mak Beng. Supnya dimasak pake bumbu-bumbu tradisional Bali yang bikin rasanya bener-bener enak dan gak amis sama sekali, guys!

BACA JUGA: Tren Traveling ‘Wellness Tourism’ Kian Booming, Contoh di Ubud Bali Ini

Di dalam supnya, mereka tambahin belimbing wuluh dan mentimun, bikin rasanya semakin segar dan lezat. Nah, untuk harga menu di Mak Beng, satu porsi hidangannya dijual dengan harga Rp 55.000 per paket, belum termasuk minuman.

Warung ini buka setiap hari mulai jam 8 pagi sampai jam 10 malam, guys. Tapi kalau mau lebih nyaman dan gak terlalu antre, sebaiknya datenginnya di luar jam paling ramai, yaitu antara jam 2 siang sampai jam 7 malam.

BACA JUGA: Babel Ingin Dibangun Seperti Bali, Ini Kata Pjs Gubernur Suganda

Oh iya, TasteAtlas itu adalah situs panduan makanan dunia yang keren banget, guys! Situs ini didirikan sama Matija Babic, seorang jurnalis dan pengusaha dari Kroasia.

Jadi, kalau kamu mau cari rekomendasi makanan yang top abis, bisa cek di TasteAtlas, pasti nemu tempat-tempat keren!

Jadi, buat kamu yang lagi liburan di Bali, jangan lupa mampir ke Warung Mak Beng di Jalan Hang Tuah No. 45, Sanur, Denpasar, ya.

Rasain enaknya sup kepala ikan dan ikan goreng ala Mak Beng, ditambah sambel terasi yang bikin nagih. Pasti jadi pengalaman kuliner yang gak bakal terlupakan, guys! ***

Pos terkait