Festival Danau Ranau Kembali Gilar Guys, Ini Jadwalnya

Festival Danau Ranau
Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru saat menghadiri Festival Danau Ranau 2023, Rabu 21 Juni 2023. (Instagram/@okuselatan.update)

TURISIAN.com – Setelah sempat terhenti salama tiga tahun akibat Pandemi Covid-19, Festival Danau Ranau ke-23 tahun 2023 kembali digelar. Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, di Provinsi Sumatera Selatan,telah menyiapkan beberapa agenda pertunjukan, Sobat Turisian.

Termasuk, ada beberapa destinasi wisata favorit yang akan menjadi tempat berlangsungnya festival tahunan tersebut.

Gubernur Sumsel, H Herman Deru bahkan ikutan hadir untuk menyaksikan festival ini, guys.

“Mantap nih Festival Danau Ranau tahun 2023! Saya apresiasi banget ragam adat dan budaya yang ditampilin di sini,” ungkapnya saat hadir di Danau Ranau OKU Selatan, Rabu 21 Juni 2023.

BACA JUGA: Tiket Gratis LRT Sumsel Diluncurkan, Catat Tanggalnya Guys

Menurutnya, kegiatan festival keren ini juga sebagai cara  untuk ngejaga warisan dan budaya nenek moyang kita. Dan, sekaligus ngelindungin adat dari pengaruh negatif budaya asing.

Gubernur juga harap festival ini bisa jadi agenda rutin setiap tahunnya. Selain buat nambahin penghasilan masyarakat, festival ini juga bakal jadi hiburan seru buat kita semua. So, jangan sampai kelewatan, guys!

Melindungi Kelestarian Adat

Gubernur juga minta Pemkab OKU Selatan dan semua pihak ikut bekerja sama. Khususnya, dalam  ngelindungin kelestarian adat dan budaya setempat.

Bahkan, mending daftarin kekayaan budaya kita ke HKI biar gak ada yang nyolong dan klaim punya kita, guys!

“Nah, tugas kita adalah ngejaga adat dan budaya yang udah ada. Dengan adanya festival ini, kita nunjukin bahwa adat dan budaya kita itu lebih menarik,” katanya.

BACA JUGA: Melihat Meriam Honisuit Peninggalan Jepang di Bengkulu Selatan

“Jadi, promosi daerah kita harus terus ditingkatkan, salah satunya lewat festival seru ini,” ucap Gubernur sambil nyerahin bantuan APBD Tahun 2023 sebesar Rp74 miliar ke Pemkab OKU Selatan.

Sementara itu,Bupati OKU Selatan, Popo Ali Martopo, juga ngucapin terima kasih  kepada  semua pihak yang udah bantu suksesin Festival Danau Ranau 2023 ini.

“Terima kasih banget, khususnya ke Gubernur Sumsel yang selama ini dukungannya nggak pernah berhenti. Berkat bantuan dan dukungan kalian semua, Kabupaten OKU Selatan bisa maju pesat dalam wisata dan pembangunan infrastruktur,” kata Bupati dengan penuh apresiasi.

Jadwal Festival

Berikut kegiatan Festival Danau Ranau yang bisa Sobat Turisian ikuti:

1. Festival Pasar malam 06-25 Juni 2023
2. Festival Bazar UMKM 11-25 Juni 2023
3. Opening Ceremony FDR 21 Juni 2023
4. Pagelaran Seni Budaya 21-23 Juni 2023
5. Fasion Show Pakaian adat 24 Juni 2023
6. Festival Perahu Cadik 24 Juni 2023
7. Festival Burung Berkicau’ Bupati Cup III 25 Juni 2023
8. Closing Ceremony FDR 25 Juni 2023.

***

Pos terkait