Megawati Sebut Tarian Bali Mulai Pudar Karena Masuk Hotel

Tarian Bali
Gadis Bali tampil dengan mengenakan gaun tradisional. (Dok.iStock)

TURISIAN.com – Mantan Presiden RI, Megawati Soekarnoputri menilai tarian Bali mulai pudar gara-gara sering dimainkan di hotel.

Ungkapan itu ia sampaikan saat menghadiri Pesta Kesenian Bali yang ke-45 di Denpasar, Bali, Minggu 18 Juni 2023.

“Bro, tolong jangan bawa-bawa tarian Bali ke hotel, aku gak setuju deh! kata Megawati di depan Gubernur Bali Wayan Koster.

Menurut Megawati, tarian Bali di hotel bikin seni tari jadi kehilangan semangatnya. Dia bilang, sekarang tarian Bali cuma kelihatan fisiknya aja, gak ada semangat di dalamnya.

BACA JUGA: Tari Baris Memedi, Salah Satu Tarian Sakral dari Tabanan Bali

“Bete banget, kan seharusnya tarian itu jadi satu, fisik dan jiwa,” katanya.

Megawati langsung merasakan sendiri tarian Bali yang kehilangan semangat itu. Dia juga khawatir, karena sekarang udah gak ada lagi yang namanya “maestro” di Bali.

Selain itu, Megawati juga ngomentarin pemuda yang main gamelan di acara di Bali beberapa hari yang lalu. Dia kesel karena para pemuda itu gak main gamelan dengan semangat penuh.

“Gue lihat tuh, mereka main gamelan cuma begini-begini aja, padahal gue diajari supaya punya gaya, itu bener-bener ngaco,” katanya.

BACA JUGA: 5  Tempat Kuliner di Bali yang Cocok untuk Para Vegetarian

Kebyar Terompong

”Kalau menurut gue, itu harus kerasukan gitu, ada kekuatan yang keluar begitu mereka main. Harus dimainin sesuai dengan jiwa kita,” sambung Megawati.

Dia juga kangen banget sama para guru yang jago banget, seperti Mario, Kebyar Terompong. Gila, mereka bisa loncat-loncat di atas gamelan sambil jongkok.

Itu kan butuh disiplin, harus diajarin dan harus penuh dedikasi.

BACA JUGA: Tren Traveling ‘Wellness Tourism’ Kian Booming, Contoh di Ubud Bali Ini

Ngomong-ngomong, Megawati juga mengingetin anak muda jangan terlalu demen sama musik atau budaya luar negeri, kayak K-Pop gitu.

Dia pengen anak muda Indonesia tetap cinta sama seni yang ada di Indonesia.

“Jadi, temen-temen, boleh aja suka K-Pop, rock, hip-hop, atau apa gitu, tapi jangan lupakan cinta kita sama seni Indonesia Raya,” pesannya. ***

Pos terkait