Tur ke Edutainment Dirgantara Indonesia, Liat Pesawat Buatan Sendiri

Edutainment Dirgantara Indonesia
Pengunjung mengamati miniatur buatan PTDI yang di pajang di kawasan Edutainment Dirgantara Indonesia, Bandara Husein Sastranegara Bandung, Jawa Barat. (Instagram/@edutainment_ptdi)

TURISIAN.com – Edutainment Dirgantara Indonesia tuh tempat keren banget buat eduwisata tentang pesawat di Indonesia, guys! Tempatnya dekat banget sama Bandara Husein Sastranegara di Bandung.

PTDI adalah satu-satunya pabrik pesawat di Asia Tenggara, loh! Jadi, di Edutainment Dirgantara Indonesia ini, kalian bisa lebih paham tentang industri pesawat terbang kita yang super keren.

Selama sekitar 45 menit, kalian bakal diajak keliling pake Bandung Tour on Bus atau yang biasa disebut Bandros. Ada pemandu dari PTDI yang bakal ngasih penjelasan tentang dunia penerbangan Indonesia, guys!

Sebelum kalian datang, cek dulu panduan wisata Edutainment Dirgantara Indonesia di bawah ini. Biar kalian tau aktivitas seru apa aja, harga tiketnya berapa, jam bukanya, dan juga tips wisatanya.

BACA JUGA: Yuk Ajak Keluarga Wisata Edukasi ke Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta!

Ada beberapa kegiatan seru yang bisa kalian lakukan pas jalan-jalan di Edutainment Dirgantara Indonesia, nih:

Ngecek pesawat buatan Indonesia

Pas jalan-jalan di sini, kalian bakal diajak ke hanggar PTDI yang isinya pesawat-pesawat buatan Indonesia yang super keren! Ada enam pesawat yang dipamerin di hanggar ini, guys.

Mulai dari pesawat N250, NC212i, CN235, sampe pesawat terbaru kita yang namanya N219 Nurtanio. Selain itu, ada juga Pesawat Terbang Tanpa Awak (PTTA) Wulung dan pesawat nirawak atau Unmanned Aerial Vehicle (UAV) yang namanya Elang Hitam.

Pesawat-pesawat keren buatan Indonesia ini udah diekspor ke banyak negara, lho! Kayak Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, negara-negara di Afrika, Uni Emirat Arab (UEA), dan banyak lagi!

BACA JUGA: Landas Pacu Adisutjipto Bakal Dikembangkan Jadi Aerowisata

Swafoto di mock up pesawat

Selain foto-foto, kalian juga bisa masuk ke mock up pesawat yang ada di gedung mock up PTDI. Di sini ada mock up pesawat seperti CN235, NC212i, dan N219 Nurtanio, guys.

Bukan cuma pesawat aja, tapi ada juga mock up rudal, roket, dan produk dirgantara buatan anak perusahaan PTDI.

Kalian bisa masuk ke dalam mock up pesawat, swafoto, dan liat deket-deket produk-produk kita yang keren banget!

Nonton pesawat lepas landas dan mendarat

Edutainment Dirgantara Indonesia juga punya tempat buat nonton pesawat komersial, loh! Tempatnya namanya DI Runway 29 Cafe.

Dari kafe ini, kalian bisa saksikan pesawat-pesawat komersial lepas landas dan mendarat di runway 29 Bandara Husein Sastranegara, Bandung. Seru banget, kan?

Sambil nonton pesawat, kalian juga bisa nyobain makanan dan minuman yang ada di kafe ini. Jadi makan sambil nonton pesawat, asik, kan.

BACA JUGA: Bandara Husein Sastranegara Segera Ditutup, Pindah ke Kertajati

Ada lagi kegiatan seru di Edutainment Dirgantara Indonesia, nih:

Ngeliatin proses produksi pesawat

Khusus buat kalian yang masih SMA dan SMK, kalian bisa langsung ngeliatin proses produksi pesawat dari bahan baku sampe perakitan, guys! Super keren, kan?

Buat pengunjung umum, kalian bakal dapet penjelasan tentang proses produksi pesawat lewat video selama naik Bandros. Jadi, tetep bisa ngerti gimana prosesnya, meskipun ga langsung liat.

Belanja merchandise keren

Setelah keliling-keliling, kalian bisa langsung belanja merchandise penerbangan yang keren abis di gedung mock up, guys! Pasti seru buat koleksi atau buat oleh-oleh.

Harga tiket Edutainment Dirgantara Indonesia

Untuk harga tiket, ada dua kategori, yaitu buat pelajar dan umum. Buat pelajar, tiketnya gratis, guys! Ini program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dari PTDI khusus buat pelajar di Jawa Barat.

BACA JUGA: Kementerian Hukum Nge-hype Banget sama Inovasi Bandara Soetta

Nah, buat kalian yang umum, harga tiketnya cuma Rp 30.000 per orang. Murah banget kan?

Tips wisata ke Edutainment Dirgantara Indonesia

Nah, supaya liburan kalian makin seru, cek dulu tips wisata ke Edutainment Dirgantara Indonesia berikut ini:

  1. Cek Instagram resmi mereka Pastiin kalian cek informasi tentang Edutainment Dirgantara Indonesia di Instagram resmi mereka, guys! Akun Instagramnya @edutainment_ptdi. Biar kalian udah tau gambaran tempatnya sebelum datang.
  2. Beli tiket online Lebih praktisnya, kalian bisa beli tiket secara online, guys. Meskipun bisa juga beli langsung di loket, tapi beli online lebih aman dan pasti dapet tempat di Bandros. Jadi, tinggal dateng dan tuker tiket aja.
  3. Dateng 30 menit sebelum jadwal Kalo udah beli tiket online, datenglah sekitar 30 menit sebelum jadwal kunjungan kalian. Kalian perlu menukar tiket dulu di loket yang udah disediain.
  4. Bawa alat dokumentasi Pastiin kalian bawa alat dokumentasi terbaik kalian, baik itu smartphone atau kamera. Boleh banget kok buat foto-foto di area eduwisata ini. Jadi, siapin alat foto atau video kalian, guys!

Jadi, itu dia tentang Edutainment Dirgantara Indonesia. Tempat keren banget buat ngeliat pesawat-pesawat karya anak bangsa dan ngertiin proses produksinya. Jangan lupa ajak temen-temen kalian buat seru-seruan di sini, ya! ***

Pos terkait