Yuk Ajak Keluarga Wisata Edukasi ke Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta!

Museum Dirgantara Mandala
Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta

TURISIAN.com – Bicara soal wisata Yogyakarta memang tak ada habisnya, banyak sekali ragam destinasi yang menarik Sobat Turisian kunjungi. Mulai dari alam, budaya, religi, hingga edukasi. Nah salah satu wisata edukasi yang menarik untuk kalian kunjungi bersama keluarga, yaitu Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala (Muspusdirla).

Tempat wisata yang terkenal juga dengan sebutan Museum Pesawat Terbang tersebut, masuk ke dalam kategori Museum Sejarah dan Perjuangan. Lokasinya berada di kawasan kompleks Pangkalan Udara Adisutjipto Yogyakarta.

Museum Dirgantara Mandala ini menempati areal seluas 12.000 m². Berkunjung  ke sini, Sobat Turisian bisa mengajak sang buah hati untuk mengenal sekira 61 koleksi pesawat terbang. Koleksi pesawat terbang di sini merupakan bagian dari kekuatan TNI AU yang dulu pernah ikut menjaga dirgantara Indonesia.

Selain koleksi pesawat terbang, di museum tersebut Sobat Turisian juga bisa melihat beberapa koleksi lain. Di antaranya pakaian peninggalan pahlawan nasional dari TNI AU, lalu diorama pembentukan dan peran TNI AU.

Ada satu koleksi yang sangat penting dalam sejarah cikal bakal TNI AU di Museum Dirgantara Mandala Jogja ini. Yaitu replika pesawat Dakota C-47 dengan nomor seri VT-CLA yang ditembak Belanda dan jatuh di daerah Ngoto, Bangunharjo, Sewon, Bantul pada tanggal 29 Juli 1947.

Baca juga: Jalan-jalan ke Embung Langensari di Tengah Kota Yogyakarta

Jatuhnya pesawat tersebut menewaskan para perintis dan pendahulu Angkatan Udara. Antara lain Komodor Muda Udara Adisutjipto, Komodor Muda Udara Prof. Dr. Abdulrahman Saleh, serta Opsir Muda Udara I Adisumarmo Wirjokoesoemo.

Ruang Pamer, Mini Teater, & Studio Foto

Ruang pamer di Museum Dirgantara Mandala terbagi menjadi tujuh ruangan. Ada Ruang Utama, Ruang Kronologi I dan II, Ruang Alutsista, Ruang Paskhas, Ruang Diorama, serta Ruang Minat Dirgantara.

Sedangkan buat Sobat Turisian yang ingin melihat film kedirgantaraan dapat memasuki Ruang Mini Teater. Di dalamnya, Sobat Turisian dapat menonton film tentang pertunjukan udara tim aerobatik TNI AU, Jupiter Aerobatic Team.

Biar ada kenangan dan pengalaman berkesan, selama mengunjungi Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta Sobat Turisian bisa abadikan momen lewat foto. Kalian tidak perlu khawatir jika tidak membawa kamera. Karena di salah satu sudut ruang Alutsista, pihak museum telah menyediakan Studio Foto Dirgantara.

Baca juga: Edukasi Budaya Sambil Rekreasi di Museum Kotagede Yogyakarta

Studio foto tersebut selalu siap melayani pengunjung untuk berfoto. Bahkan jjika pengunjung menginginkan berfoto dengan mengenakan baju penerbang pun, pengelola menyediakannya.*

 

 

Sumber & Foto: visitingjogja

Pos terkait