Landas Pacu Adisutjipto Bakal Dikembangkan Jadi Aerowisata

Landas Pacu Adisutjipto
Ilustrasi. Landas pacu di bandara untuk pendaratan pesawat terbang. Foto: Dok.iStock

TURISIAN.com – Landas pacu Adisutjipto atau Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Yogyakarta akan didorong sebagai destinasi aerowisata.

Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Dedy Susanto menyampaikan kesiapan itu seusai bertemu Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Senin 6 Maret 2023 lalu.

“Saya menjabat sebagai Komandan Lanud Adisutjipto baru satu bulan. Jadi saya memperkenalkan diri sebagai pejabat baru kemudian membahas juga terkait dengan pengembangan olahraga dirgantara di Yogyakarta. Tadi kami bahas tentang pengembangan aerowisata yang ada di Parangtritis,” kata Dedy.

Menurut dia, landas pacu di Pantai Depok, Bantul yang biasa digunakan untuk pendaratan pesawat sport bisa dikembangkan untuk aerowisata di DIY.

BACA JUGA: Ingin Tau Asal-usul Prajurit Keraton Yogyakarta, Simak Diskusi Ini

“Kemudian di Pantai Watugupit (Gunungkidul) itu kami ada untuk paralayang dan gantole di sana. Nah itu yang akan kami kembangkan juga untuk aerowisata,” ujar Dedy yang sebelumnya bertugas sebagai Komandan Komando Sektor II.

Dedy mengatakan Gubernur DIY Sri Sultan HB X mendukung rencana pengembangan landas pacu Adisutjipto aerowisata di DIY.

Dan memintanya segera mengajukan draft rencana untuk selanjutnya dibahas bersama dengan beberapa pejabat terkait.

Menurut Dedy, pengembangan aerowisata di DIY sudah cukup lama direncanakan, namun terkendala berbagai hal, salah satunya pandemi COVID-19.

BACA JUGA: Menengok Cagar Budaya Gua Sentono di Sleman Yogyakarta

“Kami akan serahkan draft rencananya. Nanti bapak Gubernur akan mengumpulkan beberapa pejabat untuk dibahas. Mudah-mudahan minggu depan kami serahkan,” kata Dedy.

Sementara itu, terkait ketugasannya sebagai Danlanud Adisutjipto yang baru, Dedy menuturkan Sri Sultan HB X berpesan agar terus melanjutkan kerja sama.

Yakni antara Pemda DIY dan TNI Angkatan Udara yang selama ini telah berjalan sangat baik. ***

Pos terkait