Ingin Tau Asal-usul Prajurit Keraton Yogyakarta, Simak Diskusi Ini

Prajurit Keraton Yogykarta
Gelar pasukan prajurit Keraton Yogyakarta dalam acara Grebeg Besar yang dilakukan oleh Kasultanan Keraton Yogyakarta. Foto: Dok.iStock

TURISIAN.com – Keraton Yogyakarta tak akan pernah habis untuk dieksplore. Kerajaan masa lalu yang masih lekat hingga sekarang ini, selalu menjadi perhatian.

Belakangan, yang menarik dalam sebuah diskusi budaya adalah soal asal-usul prajurit Keraton Yogyakarta.

Dalam Bincang Budaya “Menggaungkan Kembali yang Punah”. Dengan tema “Prajurit Keraton Ngayogyakarta, Bagaimana Melanjutkan Pelestarian dan Pengembangannya” banyak cerita yang muncul.

Bincang Budaya yang digelar Indonesiagaya di Ndalem Yudhanegaran Yogyakarta, Sabtu 4 Maret 2023, menghadirkan dua narasumber dari Keraton Yogyakarta. Yakni GBPH Yudhaningrat dan KRT Jatiningrat.

BACA JUGA: Menengok Cagar Budaya Gua Sentono di Sleman Yogyakarta

GBPH Yudhaningrat, yang lama menjadi Manggala Yudha. Atau Kepala Prajurit Keraton Yogyakarta, menceritakan perjalanan terciptanya keprajuritan.

Yakni sejak era Pangeran Mangkubumi yang bergelar Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) I.

Menurut Gusti Yudha, keraton membangun tata kota dengan kampung-kampung di mana batalyon atau regu prajurit keraton tinggal. 

Di luar itu, ada kampung-kampung perdesaan dan yang paling ujung untuk menghadapi musuh adalah Masjid Pathok Negara yang dipimpin penghulu keraton. 

BACA JUGA: Yuk Ajak Keluarga Wisata Edukasi ke Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta!

Pathok Negara

“Pondok itu diisi santri sebanyak mungkin yang dipimpin oleh penghulu Pathok Negara. Dan kiai untuk bertani, termasuk menjaga keamanan,” paparnya.

“Kalau Belanda masuk Yogyakarta sebelumnya harus kenalan dengan santri yang dipimpin ulama setempat. Kalau ada musuh, yang mengawali filter adalah pondok setiap Masjid Pathok Negara,” sambunnya.

Di Keraton Yogyakarta, menurut Gusti Yudha, ada Prajurit Bugis dan Daeng yang awalnya adalah para pedagang di Tanah Jawa.

Dimana ketika itu, mereka memutuskan menetap di wilayah Mataram. Keraton Yogyakarta memiliki 10 bregada dengan 8 di bawah keraton langsung dan 2 diberi tugas khusus. 

BACA JUGA: Titik Nol Kota Yogyakarta, Selalu Membuat Rindu untuk Kembali

Pada era Sri Sultan HB IX, prajurit keraton mengalami pergeseran fungsi karena desakan dari Belanda. 

Menurut Gusti Yudha, para prajurit sudah diminta Sri Sultan HB I untuk mempelajari budaya adiluhung sejak awal berdirinya Keraton Yogyakarta. 

“Prajurit keraton tugas paling pokok melanjutkan dan melestarikan Keraton Yogyakarta. Mereka tidak berperang namun untuk acara budaya, keagamaan, seperti Grebeg yang dilaksanakan keraton,” bebernya.

Acara adat lain misalnya perkawinan agung ada perintah Sultan untuk melaksanakan. 

BACA JUGA: Jadwal Film di Bioskop Museum Sonobudoyo, Alternatif Liburan di Yogyakarta

Sri Sultan HB IX

Namun, prajurit keraton tetap melaksanakan tugas, menjaga keamanan dan ketertiban di keraton juga membantu abdi dalem.

KRT Jatiningrat menambahkan bahwa pada periode 1945 hingga 1970 prajurit Keraton Yogyakarta sempat mengubah bentuk.

Hal ini dilakukan karena kebijakan Sri Sultan HB IX untuk memastikan kelanjutan keprajuritan.

BACA JUGA: Komplek Pagelaran Keraton Yogyakarta Ditutup, Ini Penjelasannya

“Fungsi perang diubah menjadi upacara yang akhirnya juga mengubah pakaian para prajurit lebih berwarna seperti yang dikenal saat ini,” kata Jatiningrat.

Sementara itu, Pendiri Indonesiagaya Gayatri Wibisono mengatakan bahwa pihaknya memiliki perhatian pada kerajinan, alam, dan budaya yang menjadi unsur penting di Indonesia.

“Salah satunya hari ini kami melakukan bincang budaya untuk mendapat wacana informasi budaya khususnya di Yogyakarta. Ketika sesuatu dibicarakan, menarik, maka harapannya tidak menjadi punah,” kata Gayatri. ***

Sumber: Antaranews

Pos terkait