Titik Nol Kota Yogyakarta, Selalu Membuat Rindu untuk Kembali

Titik Nol Kota Yogyakarta
Titik nol Kota Yogyakarta yang menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan. Foto: Turisian.com/Duta Ilham

TURISIAN.com – Kalimat rindu untuk datang kembali, memang bukan sekedar slogan. Apalagi ketika kita menikmati petang di titik nol kota Yogyakarta.

Rasanya, tak ingin segera beranjak. Begitulah, Kota Yogyakarta yang mampu membuat para wisatawan menjadi selalu rindu. Dan tentu, betah untuk berlama-lama menikmati suasana kota, pagi dan petang.

Modernisasi yang mengepung kota-kota besar negeri ini, tak menggoyahkan kota Jogja—begitu sapaan kota ini, untuk mempertahankan kearifan budaya lokalnya.

Pada, Kamis 9 Februari 2023, Turisian.com mencoba  menelusuri Jalan Malioboro hingga ke titik nol Jogja. Terasa begitu kuat budaya Jawa yang masih dipertahankan hingga sekarang.

BACA JUGA: Yogyakarta Siapkan Pengembangan Desa Wisata Terintegrasi

Selain menikmati nuansa budaya yang masih terasa cukup kenyal, Jogja juga memiliki cukup banyak destinasi wisata yang sangat menarik untuk disambangi.

Tentu salah satu yang cukup populer adalah kawasan wisata malam titik Nol km yang berada di jantung kota Jogja.

Sesuai dengan namanya, kawasan ini menjadi pusat atau titik 0 nya kota Jogja. Lokasi ini berada di ujung selatan Jalan Malioboro.

Atau tepatnya berada di kawasan simpang empat Kantor Pos Besar Kota Yogyakarta.

BACA JUGA: Asyiknya Jalan-Jalan ke Teras Malioboro, Bisa Belanja Sambil Foto-Foto Kece

Sebagai kawasan ikonik kota Jogja, titik nol km selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Tempat wisata yang satu ini akan sangat ramai tatkala malam hari. Banyak pelancong yang sengaja meluangkan waktunya di tempat ini.

Mesk hanya untuk sekedar menikmati syahdunya kota Jogja yang begitu menawan.

Sebagai salah satu pusat nongkrong di Kota Jogja, wajar jika kawasan ini sering dipadati oleh para wisatawan domestik dan mancanegara.

Ada banyak hal menarik yang bisa kalian dapatkan di tempat ini. Mulai dari sajian kuliner kaki lima, seniman jalanan, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Sri Sultan HB X Sebut Prospek Bisnis Hotel Mendatang Tergantung Faktor Ini

Wisata Malam

Bagi kamu yang belum tahu, kawasan titik nol km Jogja ini sebenarnya menyatu dengan jalan Malioboro.

Titik nol km berada di ujung bagian selatan Jalan Malioboro dan sering dijadikan tempat istirahat bagi para pelancong yang sedang menyelusuri kawasan Jalan Malioboro.

Di sekitar kawasan wisata malam titik Nol km Jogja, terdapat sejumlah tempat wisata lainnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta menjadi pusat budaya yang ada di Jogja. Kawasan ini menjadi kerajaan sekaligus tempat tinggal keluarga raja Jogja atau yang dikenal dengan sebutan keluarga Sri Sultan.

Selain menjadi kediaman kerajaan, Keraton Jogja juga dibuka bagi para wisatawan pada jam-jam tertentu.

BACA JUGA: Jurug Gedhe, Objek Air Terjun yang Menawan di Gunungkidul Yogyakarta

Keraton Yogyakarta ini letaknya tidak terlalu jauh dari lokasi titik nol km. Secara geografis, kawasan Keraton ini berada di sebelah selatan titik nol km.

Anda hanya perlu berjalan sekitar 500 meter ke selatan untuk bisa sampai ke kawasan Keraton Jogjakarta ini.

Sebagai salah satu tempat wisata budaya di Jogja, kawasan Keraton Yogyakarta dibuka untuk para wisatawan setiap hari mulai pukul 08.30 – 12.30 WIB.

Khusus untuk hari Jumat dan juga Sabtu, Keraton Jogja tutup lebih awal yakni pada pukul 11.00 WIB.

BACA JUGA: Hotel Amanjiwo Magelang, Hotel Bergaya Eropa Klasik dengan Banyak Daya Tarik

Benteng Vredeburg

Selain menikmati kawasan wisata malam titik Nol km, Benteng Vredeburg juga bisa menjadi kawasan wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Selain bisa dikunjungi pada siang hari, kawasan Benteng Vredeburg ini sendiri juga bisa dijadikan sebagai kawasan wisata menarik di malam hari.

Benteng Vredeburg merupakan sebuah museum yang juga sekaligus tempat wisata yang menarik yang berada di sekitar titik nol km. Benteng Vredeburg berada di lokasi yang sangat dekat dengan titik nol km karena kedua tempat wisata ini sebenarnya berhimpit.

Jalan Malioboro

Tempat wisata menarik lainnya yang berada di seputaran titik nol km adalah Jalan Malioboro.

Kawasan wisata ini cukup terkenal diberbagai kalangan para pelancong karena menawarkan panorama yang cukup menawan di malam hari.

Kawasan yang menjadi jantung kota Jogja ini menawarkan berbagai pilihan wisata menarik mulai dari belanja, kuliner, pusat oleh-oleh, hingga sajian para seniman jalanan yang siap menghibur perjalanan wisata Anda. ***

Pos terkait