Kampung Kreatif JFC Disiapkan untuk Mendongkrak Pariwisata Kembali Mendunia

Kampung Kreatif JFC
Jember Festival Carnaval (JFC) yang sudah mendunia kembali akan di gelar. Bahkan kini juga sedang dibangun kampung Kreatif JFC. Foto: Dok. iStock

TURISIAN.com – Kampung Kreatif JFC (Jember Fashion Carnaval) di Kabupaten Jember, Jawa Timur dipersiapkan untuk perhelatan JFC yang sudah mendunia tahun ini.

Bupati Jember Hendy Siswanto bersama Presiden JFC Budi Setiawan dan sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) memantau langsung pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kecamatan Arjasa.

Tempat ini akan dijadikan sebagai Kampung Kreatif JFC, Kabupaten Jember

“Kami memantau pembangunan RTH Arjasa yang bakal digunakan sebagai Kampung Kreatif JFC. Rencananya diluncurkan pada 10 Maret 2023,” kata Bupati Jember Hendy Siswanto di RTH Arjasa seperti dikutip Turisian.com dari Antaranews, Rabu 8 Maret 2023.

BACA JUGA: Wisata Puncak Rembangan, Tempat Asyik Buat Liburan Akhir Pekan di Jember!

Menurutnya, Pemkab Jember terus melakukan perbaikan. Dan jika ditemukan hal-hal yang kurang pas di RTH Arjasa tersebut akan terus dilakukan perbaikan.

“Kampung Kreatif JFC tersebut akan dikemas dengan mengikutsertakan para talent dari JFC. Karena JFC sudah dikenal sejak 20 tahun lalu, setiap tahun digelar, bahkan sudah dikenal dunia,” tuturnya.

Saat ini, lanjutnya, JFC sudah masuk agenda internasional sehingga kampung kreatif di Jember itu akan lebih mudah dikenal jika menggunakan nama JFC.

“Kampung Kreatif JFC merupakan pintu masuk agar orang luar daerah bisa melihat UMKM, pariwisata dan kuliner di Kabupaten Jember. Termasuk menjadi tempat untuk belajar terkait dengan JFC,” katanya.

BACA JUGA: Air Terjun Tancak Jember, Pesona Alam di Kaki Gunung Argopuro

Percontohan Rumah Warga

Hendy menjelaskan, pihaknya juga akan menyediakan layanan berwisata di sejumlah objek wisata melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaa. Serta Dinas Perhubungan Jember di Kampung Kreatif JFC tersebut.

Untuk memaksimalkan kawasan ini, lanjut dia, pihaknya juga memperbaiki sejumlah rumah warga untuk dijadikan penginapan. Atau homestay, sebagai percontohan rumah warga lain.

“Dengan begitu, keberadaan area tersebut juga dapat bermanfaat untuk warga sekitar RTH Kecamatan Arjasa. Termasuk, mendongkrak perekonomian warga,” ujarnya.

BACA JUGA: Asyiknya Rekreasi Sambil Edukasi di Kampung Wisata Tanoker Jember

Pemkab Jember juga merancang tempat parkir untuk memberikan kenyamanan kepada setiap pengunjung. Dan Terminal Arjasa menjadi salah satu tempat yang layak untuk tempat parkir.

“Sebelumnya, terminal itu milik Jember. Namun pada 2016 diserahkan ke provinsi karena Terminal Arjasa naik tingkat dari tipe C ke tipe B,” katanya.

“Kami akan kembali mengkaji keberadaan terminal tersebut,” sambungnya.

Sementara Presiden JFC Budi Setiawan mengatakan di JFC tersebut akan digelar berbagai kegiatan setiap harinya, agar setiap hari banyak pengunjung di sana secara masif.

“Setiap minggu ada penampilan dan pelatihan, serta berbagi industri kreatif. Perlu kerja sama semua pihak agar event ini bisa mendongkrak sektor ekonomi di Jember,” katanya. ***

 

Pos terkait