Air Terjun Tancak Jember, Pesona Alam di Kaki Gunung Argopuro

Air Terjun Tancak
Air Terjun Tancak Jember ang begitu indah. (Source: Disparbud Jember)

TURISIAN.com – Objek wisata air terjun sangat berlimpah di Indonesia, hampir setiap daerah memilikinya. Termasuk di Kabupaten Jember, Jawa Timur, terdapat Air Terjun Tancak yang bakal membuat Sobat Turisian terpesona begitu melihatnya langsung.

Air terjun yang satu ini terletak di lereng Gunung Argopuro, tepat di sebelah barat daya kota Jember. Berada di ketinggian 900 m di atas permukaan air laut. Suasana sekitarnya pun begitu sunyi dan damai karena lokasinya masuk kawasan perbukitan Agro Wisata Kopi Kebun Gunung Pasang.

Destinasi wisata Air Terjun Tancak menawarkan keindahan alam yang cocok buat Sobat Turisian menghabiskan momen liburan bersama keluarga atau teman. Sekaligus buat menghilangkan rasa penat dari rutinitas pekerjaan sehari-hari.

Di kolam jatuhan air terjunnya pun, Sobat Turisian bisa beraktivitas seperti berenang atau sekadar bermain air untuk merasakan kesegaran airnya. Tempat ini juga menyuguhkan spot instagenic yang rekomended banget buat swafoto dan fotografi.

Aktivitas menarik lainnya yang bisa Sobat Turisian lakukan di kawasan Air Terjun Tancak, yakni menikmati nuansa malam. Caranya dengan kegiatan camping dengan pemandangan langit bertaburan bintang jika cuaca sedang cerah.

Baca juga: Asyiknya Rekreasi Sambil Edukasi di Kampung Wisata Tanoker Jember

Sobat Turisian juga dapat mengambil pula paket wisata trekking yang biasanya digemari wisatawan mancanegara. Sepanjang perjalanannya, kalian bisa mendapat suguhan deretan pemandangan alam nan elok dan sejuk dengan aliran sungai yang jernih.

Fasilitas Pendukung Wisata

Berkunjung ke objek Air Terjun Tancak Jember ini juga semakin nyaman. Karena selain Sobat Turisian bisa menyaksikan pesona keindahannya, juga bisa menikmati beberapa fasilitas penunjang. Di antaranya area parkir wisata, gazebo, camp area, tempat duduk, toilet, dan spot foto.

Walaupun fasilitas pendukung wisatanya masih minim, namun keseruan liburan di sini akan memanjakan Sobat Turisian. Jamin akan menjadi salah satu pengalaman kalian yang tak terlupakan.

Lokasi & Jam Operasional 

Letak air terjun yang satu ini berada di area Pegunungan Argopuro, Suci, Desa Panti, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Berjarak sekitar 16 km dari pusat kota Jember.

Baca juga: Wisata ke Pantai Bandealit Jember, Berjumpa Hewan dan Tumbuhan yang Dilindungi

Wisata Air Terjun Tancak ini buka setiap hari selama 24 jam. Harga tiket masuknya pun sangat terjangkau, hanya sekira Rp3.000 per orang. Namun harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu ya Sob!*

Pos terkait