Bukit Watu Jengger, Spot Pendakian di Mojokerto yang Cocok untuk Pemula

Bukit Watu Jengger
Bukit Watu Jengger, Mojokerto, Jatim. (Source: Disparpora Mojokerto)

TURISIAN.com – Bagi Sobat Turisian yang baru tertarik dengan kegiatan pendakian gunung, bisa coba salurkan keinginananya dengan berkunjung ke Bukit Watu Jengger. Lokasinya berada di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soeryo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Kawasan wisata alam ini cocok untuk para pendaki pemula karena track pendakian yang relatif mudah untuk kalian jangkau. Di sini Sobat Turisian pun bisa menikmati hamparan gugusan Gunung Anjasmoro.

Kalau Sobat Turisian memerhatikan secara teliti, pemandangan di Bukit Watu Jengger akan terlihat mirip dengan pemandangan Gunung Piramid di Bondowoso. Dengan ketinggian wilayah mencapai 1100 mdpl, membuat kalian bisa menyaksikan view punggung bukit dan setapak jalur pendakian yang khas, serta curamnya tebing di sisi kanan dan kiri.

Di tempat ini Sobat Turisian bisa mendirikan tenda untuk bermalam. Menjelang sore hari, kalian bisa menyaksikan keindahan matahari terbenam. Kemudian di pagi hari, keindahan sang mentari pun tak boleh kalian lewatkan.

Baca juga: Jelajah Keindahan Air Terjun Dlundung Mojokerto

Ketika berada di Bukit Watu Jengger menjadi tempat yang asyik untuk para pecinta fotografi bernuansa alam atau yang suka berswafoto. Sebab pesona alam yang tersaji di sini sangat eskotik untuk objek atau latar swafoto kalian.

Pandakian ke Bukit Watu Jengger

Dalam pendakian ke bukit di Mojokerto yang satu ini, Sobat Turisian akan menempuh dengan durasi yang tidak terlalu lama. Buat kalian yang masih pemula membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam. Sementara bagi yang sudah terbiasa mendaki gunung hanya memerlukan waktu sekitar 1 hingga 1,5 jam.

Namun dalam pendakian ke Bukit Watu Jengger, banyak hal yang harus Sobat Turisian perhatikan. Pertama, tentunya kalian harus sangat hati-hati karena jalannya cukup licin dan menanjak. Terlebih di musim hujan, kalian mesti menjaga keseimbangan agar tidak terpeleset dan jatuh.

Sepanjang pendakian tersebut, Sobat Turisian bakal melewati beberapa bukit sebelum tiba di puncak. Kalian akan cukup terkuras tenaganya. Karena itu, perlu menjaga atau menyiapkan kondisi dan kesehatan fisik sebelum melakukan pendakian ini.

Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Buka

Bukit Watu Jengger terletak di Hutan Jatirejo, Dusun Nawangan, Desa Tawangrejo, Kecamatan Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Apabila kalian berangkat dari arah Kecamatan Trowulan atau Candi Tikus, bisa mengikuti rute menuju ke Jatirejo, Wonosalam. Setelah bertemu persimpangan di Desa Lebak, kalian cukup ikuti saja jalan hingga ke ujung Desa Nawangan.

Baca juga: Menelusuri Bukti Kejayaan Kerajaan Majapahit di Mojokerto

Untuk harga tiket masuk objek wisata alam ini cukup terjangkau. Sobat Turisian hanya perlu mengeluarkan kocek sekitar Rp10.000 per orang dan Rp.5.000 untuk parkir kendaraan. Sedangkan untuk jam buka kawasan ini, mulai dari pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 20.00 WIB.*

Pos terkait