Pantai Buyutan Pacitan Sajikan Pemandangan yang Menawan

Pantai Buyutan
Pantai Buyutan di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. (Source: Disparpora Pacitan)

TURISIAN.com – Kabupaten Pacitan di Jawa Timur menyimpan deretan pantai yang memesona. Salah satunya Pantai Buyutan yang menawan dan menarik untuk Sobat Turisian kunjungi saat liburan nanti.

Memiliki garis pantai yang panjang dan hamparan pasir putih yang membentang. Berpadu indah dengan birunya laut dan latar perbukitan hijau. Barisan tebing tepi laut yang memanjang ke arah barat akan turut terlihat menghiasi pandangan.

Keunikan Pantai Buyutan Pacitan yakni adanya gugusan batu karang di area lepas pantainya. Karang-karang tersebut pun punya nama masing-masing. Di antaranya Watu Bale, Watu Pasar, Watu Kerun, Watu Kenong, dan Watu Narada.

Watu Narada khususnya, penamaannya tidak lepas dari legenda yang ada di objek wisata pantai yang satu ini. Bentuk batunya menyerupai mahkota. Konon legenda batu itu berupa mahkota Dewa Narada dalam pewayangan Jawa. Alkisah, saat ia terbang di atas pantai ini, mahkotanya terjatuh. Oleh karena itu, batu karang mirip mahkota tersebut pun bernama Watu Narada.

Baca juga: Berkunjung ke Museum Situs Song Terus, Wisata Edukasi Baru di Pacitan

Selain itu, sebelum sampai di Pantai Buyutan, Sobat Turisian akan melewati perkebunan kedelai yang begitu luas dengan warna hijau bercampur kuning. Hamparan perkebunan kedelai ini biasanya akan cantik terlihat di bulan April hingga Mei karena curah hujan sudah mulai berkurang. Ketika puncak musim hujan, maka kebun kedelai berubah menjadi area persawahan.

Bukan hanya keindahan alamnya, daya tarik tempat ini yaitu wisata olahraga paralayang. Sobat Turisian yang hobi atau punya nyali bisa mencoba paralayang untuk menikmati keindahan pantai dari ketinggian.

Meski tergolong olahraga ekstrem, namun sensasinya bikin seru dan mesti Sobat Turisian coba. Bagi yang baru mencoba bisa tandem dengan operator di sana. Perpaduan antara pemandangan elok dengan tantangan terbang di atas samudera, menjadi suatu pengalaman yang berkesan dalam hidup.

Lokasi Pantai Buyutan Pacitan

Objek wisata pantai tersebut berlokasi di Dusun Tumpak Watu, Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Indonesia. Berjarak sekitar 30 km dari Alun-alun Kabupaten Pacitan.

Baca juga: 4 Objek Gua di Perbukitan Sewu Pacitan, Menarik Buat Wisata Susur Gua

Sobat Turisian dapat menempuhnya dengan kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat. Dengan durasi perjalanan kurang lebih 30 menit sampai 1 jam. Oh iya untuk harga tiket kawasan wisata Pantai Buyutan Pacintan ini, hanya sekira Rp10.000 per orang.*

 

Pos terkait