Gowes ‘Jelajah Bersih Negeri’, Ada Peserta Sampai Jakarta

‘Jelajah Bersih Negeri’
Ilustrasi. Pesepeda melintasi pohon-pohon hijau. Foto: Dok. iStock

TURISIAN.com – Gowes ‘Jelajah Bersih Negeri’ dari Purwokerto-Cilacap Jawa Tengah akhirnya dilepas untuk menjelajahi dalam program “jangan buang sampah sembarangan”

Puluhan peseda tersebut dilepas oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Atau Dirjen PSLB3 KLHK,  Rosa Vivien Ratnawati.

Dalam kesempatan tersebut Rosa juga  didampingi Bupati Banyumas Achmad Husein, dan Rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Prof Akhmad Sodiq.

Pelepasan berlangsung di halaman Graha Widyatama Prof Rubijanto Misman, Unsoed Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

BACA JUGA: PertaRun Energizing Run, Event Lari Pertama Pertamina Cilacap

Dalam sambutannya, Dirjen mengatakan di antara puluhan pesepeda yang akan menuju Cilacap, ada tiga peserta utama “Jelajah Bersih Negeri”.

Dimana, mereka nantinya akan melanjutkan perjalanan ke Jakarta.

Kampanye Pengelolaan Sampah

“Hari ini ada tiga orang yang utama, yang akan berangkat ke Jakarta, dan teman-teman yang lain, ini ikut sampai mana,” katanya seperti dikutip Turisian.com dari Antaranews, Senin 13 Maret 2023.

Setelah mendengar jawaban para peserta, dia mengharapkan paling tidak seluruh pesepeda dapat menyelesaikan perjalanannya sampai Cilacap.

BACA JUGA: Jalan-Jalan Yuk ke Pesona Serayu, Desa Wisata di Cilacap!

Lebih lanjut, Vivien mengatakan kegiatan tersebut ditujukan untuk mengkampanyekan pengelolaan sampah.

Dan tidak buang sampah sembarangan.

“Jadi saya harap, teman-teman bikers juga tidak ‘nyampah’ (membuang sampah sembarangan, red.). Tapi juga bisa mengkampanyekan bagaimana pengelolaan sampah yang baik,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, dia juga mengharapkan seluruh pesepeda. Khususnya tiga peserta utama “Tour Jelajah Bersih Negeri” untuk tetap menjaga kesehatan, sehingga dapat selamat sampai tujuan.

BACA JUGA: Nikmati Sajian Paket “Mewah” bagi Goweser di Desa Tempos Lombok Barat

Tur “Jelajah Bersih Negeri” dengan rute Bali-Jakarta merupakan rangkaian kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023. Dimana, para peserta diberangkatkan dari Bali pada tanggal 8 Februari.

Perjalanan tim pesepeda “Jelajah Bersih Negeri” dibagi menjadi dua jalur. Yakni jalur utara melintasi Banyuwangi, Pasuruan, Surabaya, Tuban, Indramayu, hingga Jakarta.

Serta jalur selatan yang dimulai dari Yogyakarta pada tanggal 14 Februari 2023 menuju Purwokerto, Cilacap, Pangandaran, Bandung, Depok, dan Jakarta.

Pos terkait