PertaRun Energizing Run, Event Lari Pertama Pertamina Cilacap

PertaRun Energizing Run
Ilustrasi. Kaki para peserta lomba lari. Foto: Dok. iStock

TURISIAN.com – PertaRun Energizing Run menjadi event lari pertama yang diselenggarakan komunitas pehobi olahraga lari. Khususnya,  di internal PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap, Jawa Tengah.

PertaRun memiliki cara kreatif dalam menyelenggarakan olahraga lari sekaligus memperkenalkan potensi wisata Kelurahan Kutawaru, Kabupaten Cilacap itu, belum lama ini.

Event lari yang mengambil jarak tempuh 10,65K merupakan perlombaan lari dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-65 PT Pertamina (Persero).

“Sesuai nama kegiatan, lomba lari ini menempuh jarak 10 kilometer, jarak ideal untuk lomba lari. Sedangkan penambahan 0,65 km sebagai momentum HUT Ke-65 PT Pertamina (Persero),” kata Koordinator Event Energizing Run 10,65K Wahyu Tri, seperti dikutip Turisian.com dari Antaranews, Selasa 10 Januari 2023.

BACA JUGA: Jalan-Jalan Yuk ke Pesona Serayu, Desa Wisata di Cilacap!

Terkait dengan pemilihan Kutawaru sebagai lokasi lomba, dia mengatakan hal itu dilakukan mengingat kelurahan tersebut merupakan lokasi terdekat kilang. Sekaligus mitra binaan dari PT KPI RU IV Cilacap.

“Kutawaru dalam beberapa waktu terakhir ramai menjadi objek kunjungan karena wisatanya yang terus menggeliat, salah satunya Kampoeng Kepiting,” jelasnya.

Menyebarluaskan Potensi Wisata

Oleh karena itu, kata dia, kegiatan tersebut juga menjadi salah satu upaya untuk semakin menyebarluaskan potensi wisata Kutawaru.

“Di media sosial sudah sering muncul nama Kutawaru dengan berbagai daya tariknya. Para pelari yang terlibat di event ini berkesempatan melihat langsung keindahan alam dan potensi wisatanya,” tegas Wahyu.

BACA JUGA: Waduk Kubangkangkung Cilacap, Tempat Menyenangkan Buat Liburan

Lebih lanjut, ia mengatakan para peserta berasal dari internal Kilang Cilacap di antaranya pekerja Pertamina, mitra kerja, dan keluarga, termasuk General Manager PT KPI RU IV Edy Januari Utama beserta tim manajemen.

“Ada 100 peserta dari internal dan 60 peserta lain dari eksternal,” katanya.

“Dari eksternal kami libatkan komunitas Banyumas Raya seperti Cilacap Runners, Lets Go Run, Banyumas Runners, Fun Run Purwokerto, Purbalingga Runners, Banjarnegara Runners, dan lain-lain,” sambungnya.

BACA JUGA: Berburu Seafood Murah Meriah dan Sedap di Pantai Jetis Cilacap

Dalam kesempatan terpisah, Area Manager Communication, Relations, and CSR PT KPI RU IV Cilacap Cecep Supriyatna menyambut baik kegiatan tersebut sebagai bukti dukungan terhadap program perusahaan.

“Kami tentu senang adanya event ini. Para peserta dapat sehatnya sekaligus menikmati wisata Kutawaru,” ungkapnya.

Ia pun berharap, dengan event ini akan semakin membuat nama Kelurahan Kutawaru tersebar luas, menambah kunjungan wisata, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. ***

Pos terkait