Waduk Kubangkangkung Cilacap, Tempat Menyenangkan Buat Liburan

Waduk Kubangkangkung Cilacap
Waduk Kubangkangkung Cilacap. (Source: visitjawatengah)

TURISIAN.com – Liburan akhir pekan ke Cilacap jangan hanya ke pantai, kali ini Sobat Turisian harus coba ke Waduk Kubangkangkung. Tempat ini merupakan satu-satunya waduk di Cilacap. Tempat asyik dan menyenangkan buat Sobat Turisian berlibur bersama keluarga atau kawan-kawan.

Nama Kubangkangkung ini, konon semula waduk ini merupakan kubangan yang banyak tumbuh kangkung. Itulah kenapa ikon yang terdapat di tengah waduk tersebut berbentuk kangkung. Mungkin sekilas, Sobat Turisian akan berpikir itu lebih mirip bunga teratai daripada kangkung.

Letaknya ada di tengah hutan jati di Kecamatan Kawunganten, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Kalau Sobat Turisian akan ke Pangandaran atau Bandung dari arah pusat kota Cilacap, akan melewati hutan jati yang lebat dengan jalan berliku-liku. Tidak ada rumah penduduk di hutan itu. Nah di situlah objek waduk ini berada.

Waduk Kubangkangkung terletak di tengah hutan jati tersebut. Suasana di saat siang hari, Sobat Turisian akan melihat beberapa warung di pinggir jalan sekitar hutan jati ini. Mereka rata-rata berjualan es kelapa muda dan gorengan. Nah ketika malam tiba, jalanan gelap dan sunyi walau menjadi jalan penghubung antar provinsi.

Suasana malam di sini memang terkesan mistis. Tapi kalau Sobat Turisian ke Waduk Kubangkangkung siang hari, tidak seseram itu keadaannya. Di tempat wisata ini ada banyak wahana permainan anak dan beberapa spot swafoto yang bisa kalian nikmati bersama keluarga atau teman.

Baca juga: Curug Mandala, Hidden Gem Air Terjun di Cilacap yang Wajib Dikunjungi

Selain menjajal beragam wahana, Sobat Turisian juga datang dan hanya bersantai sambil menikmati  pemandangan asri dengan semilir angin. Tampak waduk yang sekelilingnya hutan jati. Lengkapi momen santai kalian dengan secangkir kopi dan tempe mendoan yang bisa dipesan dari warung-warung pinggir waduk.

Wahana dan Spot Foto di Waduk Kubangkangkung

Ada beberapa wahana permainan dan spot foto yang bisa Sobat Turisian jajal. Di antaranya Istana Balon yang cocok untuk anak-anak. Bentuknya seperti istana dengan beberapa pilar namun seperti balon yang di dalamnya angin. Warna dan gambarnya pun lucu-lucu sesuai kegemaran anak kecil.

Berikutnya, ada wahana kolam renang yang terletak di samping waduk. Kolam renang ini lengkap dengan fasilitas pelampung dan kamar mandi bilas. Bagi Sobat Turisian yang ingin mengelilingi Waduk Kubangkangkung bisa naik Perahu Bebek.

Tak hanya itu, ada lagi wahana Zazax Koebang yang patut Sobat Turisian nikmati. Spot ini berupa jembatan mengapung yang menghubungkan antara satu sisi waduk dengan sisi yang lain. Jembatan ini terbuat dari kayu yang bawahnya terdapat drum agar dapat mengapung di atas air.

Di tengah jembatan Waduk Kubangkangkung ini ada beberapa tempat duduk, tanaman, dan ornamen yang cantik. Keren banget buat spot swafoto atau foto bersama. Hasilnya jamin akan ciamik dan tentunya intagrammable.

Jangan lewatkan pula wahana lainnya, seperti terapi ikan, kereta listrik, mandi bola, ATV, dan mini trail. Beberapa ornamen juga menghiasi jalan setapak seperti payung dan ban yang bagus juga untuk spot swafoto.

Baca juga: Berburu Seafood Murah Meriah dan Sedap di Pantai Jetis Cilacap

Masih ada lagi spot foto dyno park, naga, taman, dan panggung. Nah kalau Sobat Turisian mau swafoto yang alami tanpa cat warna-warni, bisa pilih area pohon jati di sekitar waduk yang tertata rapi. Cocok untuk hasil foto yang lebih terkesan natural.

Menariknya semua wahana permainan dan spot swafoto di tempat wisata Cilacap ini, ada yang gratis dan juga yang berbayar. Harga cukup terjangkau, hanya berkisar dari Rp3.000 sampai Rp20.000.

Fasilitas penunjangnya pun sudah cukup memadai, seperti kamar mandi, musala, dan warung kuliner. Setiap weekend, sering juga ada kemeriahan event tambahan dari pihak pengelola. Pokoknya, destinasi wisata ini asyik banget buat acara keluarga, outing class, kumpul komunitas, atau outbond tim kantor!*

 

Pos terkait