Wisata ke Bandung Utara, Apa Saja Yang Bisa Dinikmati ?

Wisata ke Bandung Utara
Kawah Gunung Tangkuban Perahu. Foto: iStock

TURISIAN.com – Bingung dengan tujuan wisata bersama keluarga Anda ? Kali ini kami mencoba sedikit mengupas tempat wisata yang terletak di daerah Bandung Utara, Jawa Barat.

Ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Seperti  taman Hutan Raya Ir.H. Juanda (Tahura) , Taman Hutan Jayagiri, Situ Lembang, teropong bintang (Boscha).

Ada juga Kawah gunung Tangkuban Perahu, pemandian air panas ciater, dan masih banyak yang lainnya..

Yang menjadi primadona wisata Bandung Utara salah satunya adalah wisata Gunung Tangkuban Perahu.  Gunung Tangkuban Perahu terletak sekitar 30 km di utara Kota Bandung.

BACA JUGA: Mengenal Budaya Sunda di Museum Sri Baduga Bandung

Tempat indah ini terletak di daerah Lembang tepatnya desa Cikole, kurang lebih 30 menit dari Bandung menggunakan kendaraan bermotor.

Gunung Tangkuban Parahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter. Gunung ini menjadi salah satu daerah tujuan wisata yang menarik di Jawa Barat.

Ada dua alternatif jalan menuju Tangkuban Perahu. Yang pertama jalur utama, yakni jalur kendaraan bermotor (baik motor, mobil maupun bus) masuk melalui jalan raya Lembang-Subang.

Track yang Dilewati dan Harga Tiket Masuk

Jaraknya kurang lebih 3 km dari gerbang.  Jalur yang kedua masuk melalui kawasan Jayagiri, biasanya ini untuk jalur hiking. Track ini jalannya menanjak dengan kemiringan sekitar 30 derajat .

BACA JUGA: Jembatan Cika Cika, Objek Wisata Edukasi Lingkungan Baru di Bandung

Harga tiket masuk kawasan Tangkuban Perahu:

Harga tiket masuk pada hari kerja:

  • Tiket masuk wisatawan nusantara: Rp 20.000 per orang
  • Tiket masuk wisatawan mancanegara: Rp 200.000 per orang
  • Tiket masuk rombongan pelajar: Rp 18.000 per orang
  • Tiket masuk mobil: Rp 25.000 per unit
  • Tiket masuk bus (roda enam): Rp 110.000 per unit
  • Tiket masuk motor: Rp 12.000 per unit

BACA JUGA: Liburan di Kota Bandung, Ini 5 Taman Tematik yang Asyik Sekaligus Berdekatan

Nah jika kalian tidak menggunakan kendara pribadi baik itu sepeda motor atau mobil, berikut sedikit rute angkutan kota dan tarif umum nya .

Naik angkot cicaheum-ledeng turun ke terminal Ledeng, bayar Rp 5000.  Kemudian nyambung ke  angkot st.Hall-lembang, turun ke terminal atau pasar lembang, bayar Rp.4.000,-

Berlanjut, naik angkot Lembang-Cikole, turun depan pintu masuk Tangkuban Parahu, bayar Rp 4.000.

Jika anda pintar nego angkutan kota tersebut, bisa dikenakan tarif  4 ribu per orang sampai atas, tapi nego sebelum naik ke angkot tersebut ya, biar gak kena prank.

BACA JUGA: 5 Library Café di Bandung, Nongkrong Asyik Sambil Baca Buku

Dari terminal ledeng naik elf jurusan Subang sampai depan pintu masuk Tangkuban Parahu, bayar Rp 15.000,- Lebih baik anda beli tiket dulu, lalu tawar omprengan yang masuk ke dalam.

Biasanya omprengan tersebut menawarkan Rp 100.000,- termasuk tiket. Jangan langsung anda terima, karena normalnya normalnya Rp 20.000.

Tawar saja terus sesuai dengan budget kantong Anda, lebih bagus jika anda berpergian lebih dari 10 orang.

Melihat Bintang Lebih Dekat

Boscha

Tempat wisata edukatif teropong bintang Boscha pun bisa menjadi tujuan berlibur bersama keluarga.

Karena selain suasana yang sejuk, pemandangan yang indah, sisi edukasi nya pun patut dipertimbangkan.

Terdapat dua macam kunjungan, yaitu kunjungan siang dan malam, dengan harga tiket Rp 15.000,- dan Rp 20.000,- per orang.

Hari Selasa hingga Jumat ditujukan untuk rombongan, sedangkan perseorangan atau keluarga dapat datang pada hari Sabtu.

Jam buka siang sekitar pukul 09.00 – 14.30 (khusus Sabtu, hari lain lebih lama). Sedangkan kunjungan malam dilakukan hanya 3 malam dalam satu bulan. Dan dilakukan pada musim kemarau sekitar bulan April hingga Oktober.

Ada beberapa alternatif transportasi untuk datang ke Observatorium Bosscha.

Kendaraan Pribadi

Dari Jl. Setiabudi Bandung, silahkan ambil jalan ke arah lembang. Dalam perjalanan akan melewati Universitas Pendidikan Indonesia (UPI Bandung) dan terminal Ledeng.

Setelah sampai terminal Ledeng, teruskan perjalanan ke arah Lembang. Ikuti jalan sampai Pusdik Korps Wanita Angkatan Darat.

Setelah kurang lebih 400 meter, akan sampai gerbang bawah Observatorium Bosscha yang berada di kanan jalan.

Kendaraan besar seperti Bus di parkir di depan gerbang ini. Perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki sekitar 800 meter, melewati gerbang atas, dan sampai di Observatorium. ***

Pos terkait