Jembatan Cika Cika, Objek Wisata Edukasi Lingkungan Baru di Bandung

Jembatan Cika Cika Bandung
Jembatan Cika Cika Bandung. (dok. Disbudpar Kota Bandung)

TURISIAN.comKota Bandung kini menambah objek wisata edukasi baru dengan nama Jembatan Cika Cika. Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung baru saja meresmikan tempat wisata ini pada tanggal 25 Agustus 2022 kemarin.

Peresmian Jembatan Cika Cika ini oleh Wali Kota Bandung, Yana Mulyana. Turut mendampingi Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Kota Bandung, Didi Ruswandi. Serta Ketua Komunitas Cika Cika, Abah Gofar yang menjadi pengelola kawasan tersebut.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyampaikan, tempat ini menjadi salah satu sarana edukasi dan wisata yang bisa masyarakat manfaatkan sebagai ruang publik oleh semua kalangan.

“Tempat ini dimanfaatkan oleh sebanyak mungkin orang. Saat ini kan tempat edukasi tapi juga menarik menjadi tempat wisata serta bisa diaktivasi serta dipelihara oleh masyarakat,” ujarnya, dikutip Turisian.com dari laman Disbudpar Kota Bandung, Jumat, 26 Agustus 2022.

Baca juga: Serlok Bantaran, Tempat Wisata Alam Baru di Kota Bandung

Kehadiran jembatan tersebut merupakan apresiasi Pemkot Bandung atas dedikasi dan partisipasi aktif Komunitas Cika Cika dan warga dalam menjaga kelestarian lingkungan Sungai Cikapundung. Selain menjadi bagian dari ruang publik, adanya Jembatan Cika Cika harapannya berdampak positif bagi mobilitas warga.

Komunitas Cika Cika sendiri mempunyai visi melindungi bantaran Sungai Cikapundung dari berbagai limbah. Serta mendukung program kerja pemerintah tentang lingkungan hidup. Objek Jembatan Cika-Cika Bandung dan kawasan di sekitarnya bisa menjadi ruang publik. Yang bermanfaat sebagai sarana edukasi sehingga mampu menarik wisatawan.

Di temoat ini, ada banyak kegiatan yang kerap Komunitas Cika Cika lakukan dalam menjaga Sungai Cikapundung yang menarik untuk Sobat Turisian ikuti. Mulai dari aktivitas bersih-bersih sungai, menanam pohon, susur sungai dengan kelompok Arung Jeram. Serta berbagai kegiatan menarik lainnya yang bisa wisatawan nikmati.

Baca juga: Tempat Wisata di Seputar Jalan Siliwangi Bandung yang Menarik Dikunjungi

Bagi yang tertarik untuk berkunjung ke Jembatan Cika Cika Bandung ini, Sobat Turisian bisa langsung menghubungi Komunitas Cika Cika. Caranya melalui media sosial @komunitas_cikacika. Yuk berkunjung ke sini dan selalu jaga lingkungan di sekitar ya, Sob!*

 

Pos terkait