Asyiknya Rekreasi Sambil Berendam di Pemandian Air Panas Krakal Kebumen

Pemandian Air Panas Krakal
PAP Krakal Kebumen, Jawa Tengah. (Source: Disparbud Kab. Kebumen)

TURISIAN.com – Rekreasi sambil menyegarkan badan dengan berendam di air panas memang mengasyikkan. Sehingga hati senang dan badan jadi segar. Nah hal itu bisa Sobat Turisian rasakan di objek Pemandian Air Panas (PAP) Krakal.

Wisata air panas tersebut berlokasi di Desa Krakal, Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Pemandian air panas ini terletak 11 km timur laut Kebumen, menempati kawasan dataran di kaki Pegunungan Serayu Selatan.

Pemandian Air Panas (PAP) Krakal ini berada di wilayah perbukitan. Pebukitan di sekitar objek geowisata ini menyingkapkan batuan Formasi Halang yang berumur Miosen Tengah-Pliosen Awal (16-3 juta tahun). Berupa perulangan batu pasir dan batu lempung yang bersifat tufan.

Awal mula terbentuknya mata air panas di daerah ini tidak berhubungan langsung dengan kegiatan magmatik. Hal tersebut terbukti dengan kandungan belerangnya yang sangat kecil.

Air di Pemandian Air Panas Krakal mengandung sulfat (SO4) yang tinggi, yaitu sekitar 1.236 mg/liter. Sedangkan amonia dan fluorida-nya masing-masing 3,9 dan 0,7 mg/liter. Suhu air yang berkisar antara 39-42C berkaitan dengan induksi panas yang timbul oleh gesekan bongkah batuan akibat sesar.

Baca juga: Tari Cepetan Alas, Tarian Topeng Unik Asal Kebumen

Pemunculannya ke permukaan, penyebabnya muka air tanah yang telah terpanasi itu terpotong oleh bidang topografi, atau ke luar melalui retakan di sepanjang jalur sesar yang ada. Nilai kesadahan yang mencapai 320,13 menyebabkan pipa sering tersumbat. Derajat keasamannya yang tinggi (pH=8,5) menyebabkan air tersebut rasanya pahit.

Hebatnya lagi, mata air panas di sini sudah masyarakat manfaatkan untuk pemandian sejak tahun 1905. Beberapa sumber yang ada air mereka salurkan melalui pipa ke dalam bak-bak pemandian. Banyak masyarakat percaya bahwa air di Pemandian Air Panas Krakal bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Tampilan Baru PAP Krakal Kebumen

Saat ini, destinasi wisata Kebumen yang satu ini tampil dengan wajah baru yang tampak keren dan megah. Secara fasilitas, kelengkapan sarana dan prasarananya baru Pemkab Kebumen renovasi. Sentuhan arsitektur bergaya Eropa lebih menonjol di seputar bangunan utama objek wisata tersebut.

Sobat Turisian berlibur di Pemandian Air Panas Krakal semakin nyaman dengan adanya fasilitas pendukung. Di antaranya tempat parkir, musaa, MCK, dan taman bermain yang tertata baik. Sebagai tempat pemandian, tersedia bilik-bilik kecil yang lengkap dengan bak untuk berendam dan 6 Kamar VIP.

Tak hanya itu, PAP Krakal Kebumen kini sudah mempunyai fasilitas kolam renang, tempat bilas, spot swafoto. Serta panggung hiburan dengan latar pohon jati yang menyejukkan pandangan.

Baca juga: Habiskan Waktu Liburan di Pantai Karangbolong Kebumen yang Indah

PAP Krakal terbilang masih sangat rimbun dan alami, sangat cocok buat Sobat Turisian yang ingin melepas penat. Sekaligus terapi untuk kesehatan di fasilitas pemandian air panas di Kebumen tersebut.

 

Pos terkait