Menikmati Sunset dan Panorama Alam Gunung Birah Kalsel

Gunung Birah
Gunung Birah Kab. Tanah Laut, Kalsel. (Dispar Kab. Tanah Laut)

TURISIAN.com – Kalau Sobat Turisian berkesempatan berkunjung ke Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, wajib coba naik ke Gunung Birah. Para pehobi mendaki gunung pasti senang datang ke sini. Dari atas puncaknya, kalian bisa berkemah sambil menanti momen sunset dan menikmati panorama alam yang memukau.

Gunung tersebut terletak di Desa Kandangan Lama, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan (Kalsel). Luas kawasannya mencapai 1.589,02 ha dengan puncak tertingginya berada di ketinggian 275 mdpl.

Kontur Gunung Birah memiliki bentuk lahan bermacam-macam. Mulai dari lereng yang curam dan area perbukitan dengan pola-pola bekas abrasi air dan angin.

Objek wisata pegunungan ini populer sebagai tempat camping atau untuk sekadar berkunjung melihat momen matahari terbenam. Cocok juga buat spot healing melepas rasa penat dari rutinitas. Jamin pikiran Sobat Turisian akan fresh kembali.

Tak hanya itu, Gunung Birah pun kerap menjadi tempat kegiatan kirab bendera pada peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia dan Festival Bukit Birah. Juga pernah menjadi lokasi dari kegiatan World Clean Day pada 2020 silam. Acara tersebut menghasilkan 1,1 ton sampah yang berhasil peserta bersihkan.

Baca juga: Gunung Kayangan Tanah Laut Sajikan Pemandangan yang Memanjakan Mata

Selain sebagai destinasi wisata alam, gunung ini pun menjadi saksi bisu peristiwa sejarah yang berkaitan dengan perjuangan penduduk melawan penjajah. Di mana tempat ini menjadi lokasi keluar masuk warga.

Keragaman Flora dan Fauna di Gunung Birah

Ketika berkunjung ke sini Sobat Turisian akan menemukan keragaman flora dan fauna di sekitar area gunung dengan dominasi Sengon dan Birik. Ada pula Bunga Bangkai Amorphophallus titanum, Aren Arenga pinnata, Bambu Tamiang Schizotachyum blunei Ness.

Kamudian ada Bulan Nanduk Diosphycos marcophylura, Gamal Gliricidia sepium, Gungkuang Pachyrhizus erosus, Halaban Vitex pinnata, Jelutung Dyera costulata, Jengkol Archidendron pauciflorum. Ketapang Terminalia catappa, Kujajing Ficus fistulosa Reinw, Loa Ficus racemosa, Mampan bini Cratoxylon arborescen. Serta Nangka Arthocarpus integra, Rotan Ampar Tikar Calamus finlaysonia, dan Singkuang Dracontomelon dao.

Sementara untuk aneka fauna yang terdapat di Gunung Birah, yaitu satwa liar seperti Burung Binti Ciconia stormi, Burung Bubut Centropus sinensis. Ada juga Burung Cuit Dicaeum throchiluem, Burung Elang Accipitridae, Burung Hantu Strigiformes, Burung Kutau-kutau Maeronus gularis. Burung Punai Treron vernans, Burung Walet Apodidae, Hirangan Trachypithecus, Rusa Carvidae, Tupai Tupaia javanica, dan Warik Macaca sp.

Akses ke Gunung Birah

Jarak Gunung Birah dari Bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru sekira 88 km dan dapat Sobat Turisian tempuh dengan mobil atau motor selama 2 jam perjalanan. Kondisi jalan sudah beraspal mulus dan area parkirnya cukup memadai plus loket tiket masuk.

Baca juga: Hamparan Hijau Savana Bukit Rimpi Tanah Laut yang Memukau, Serasa di Daratan Eropa

Setelah melewati gerbang selamat datang, Sobat Turisian mesti melanjutkan perjalanan naik traktor tangan selama 10 menit. Lalu teruskan dengan berjalan kaki selama 1,5 jam menuju puncak.*

Pos terkait