Kota Pekalongan Bakal Gelar Khatulistiwa Festival, Ini Tanggalnya

Pantai Pasir Kencana di Kota Pekalongan, Jawa Tengah ini akan menjadi lokasi pelaksanaan acara Khatulistiwa Festival 11 Maret 2023 mendatang. (Instagram/@habrunsyubbana)

TURISIAN.com – Kota Pekalongan, Jawa tengah siap menggelar acara Khatulistiwa Festival, pada 11 Maret 2023 mendatang.

Event yang berlangsung di objek wisata Taman Wisata Laut Pasir Kencana Pekalongan tersebut bakal menghadirkan berbagai atraksi kesenian dan budaya. Tak terkecuali juga menawarkan berbagai kuloner khas Pekalongan.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kota Pekalongan Muhammad Sahlan di Pekalongan, Jateng, Kamis 26 Januari 2023, mengatakan bahwa pihaknya menargetkan 3.000 pengunjung dalam acara itu.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat mendongkrak jumlah pengunjung sekaligus masyarakat bisa terhibur,” katanya.

BACA JUGA: Yuk Kunjungi Pameran Koleksi Museum Batik Pekalongan Tahun 2022-2023!

Menurut dia, pada kegiatan Khatulistiwa Festival tersebut, pihaknya telah menggandeng penyelenggara acara untuk persiapan mengundang sejumlah artis ibu kota.

“Persiapannya sudah ada pembahasan dan kesepakatan, termasuk dengan pelaksanaanya, teknis, tiket masuk, dan hal lainnya,” katanya.

Sahlan mengatakan objek wisata Taman Wisata Laut Pasir Kencana yang biasanya tutup pada Senin sekarang dibuka setiap hari.

Pantai Pasir Kencana

Sekedar ditetahui Pantai Pasir Kencana merupakan tempat wisata pantai kekinian yang lokasinya berada di Kota Pekalongan.

BACA JUGA: Seruput Kopi Tahlil Khas Pekalongan yang Unik dan Nikmat Berkhasiat

Pekalongan sendiri merupakan daerah dengan administrasi kotamadya dan kabupaten. Agar tidak salah, pengunjung harus bisa membedakan ini.

Ibarat Bandung yang wilayahnya terbagi menjadi Kabupaten dan Kotamadya. Tempat wisata yang tersaji pun jelas akan berbeda.

Misalnya saja Kabupaten Pekalongan identik dengan tempat wisata alam seperti gunung, bukit, hingga curug atau air terjun.

Sedangkan Kota Pekalongan tempat wisatanya sekitar pantai dan juga laut, karena berbatasan langsung dengan Laut Jawa di sebelah utara.

BACA JUGA: Senja di Pantai Pasir Kencana Pekalongan yang Memesona

Selain itu, juga merupakan pelabuhan terpenting di Jawa Tengah. Pantai Pasir Kencana sendiri baru  dibuka kembali pada bulan Maret 2022 lalu.

Mengusung tema wisata buatan kekinian yang menempati luas sekitar 1,5 Hektar.

Alamat Pantai Pasir Kencana berada di Jalan Pantai, Wonokerto, Kelurahan Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Rute menuju Pantai Pasir Kencana cukup dekat dari Alun-Alun Kota Pekalongan, dengan estimasi waktu sekitar 14 menit dan jarak tempuh kurang dari 5 km.

Yakni dengan mengambil arah ke jalan Hasanudin untuk menuju Jl. WR.Supratman hingga tiba di Panjang Wetan.

Selanjutnya tinggal mencari lokasi dari Pantai Pasir Kencana, akses jalannya sudah beraspal dan dapat dilalui oleh kendaraan apapun. ***

Pos terkait