Puncak Event Bau Nyale di NTB, Berburu Jelmaan ‘Putri Mandalika’

Event Bau Nyale
Suasana event Bau Nyale pada Maret 2022. Ribuan orang tumpah ruah di Pantai Seger, Manadalika, NTB untuk menangkap cacing laut berwarna-warni. (Instagram/@souvenirmandalika)

TURISIAN.com – Sebuah acara unik sekaligus penuh cerita legenda, event Bau Nyale akan digelar pada 11-10 Februari 2023 di Pantai Seger, Lombok, NTB.

Digelar setiap tahun sebagai tradisi masyarakat setempat, event Bau Nyale jatuh pada  tanggal 20, bulan 10, penanggalan Suku Sasak.

Dimana, nantinya ribuan masyarakat akan tumpah-ruah di pantai. Mereka akan menangkap cacing laut di sepanjang pantai Pulau Lombok.

Cacing-cacing laut ini dikenal dengan sebutan nyale, yang dipercaya sebagai jelmaan Putri Mandalika.

BACA JUGA: Bau Nyale Sasak, Antara Budaya Penuh Filosofi dan Mitos Penanda Musim

Mandalika dikenal sebagai putri cantik yang memilih menceburkan diri ke laut lepas, menghindari peperangan antar pangeran yang memperebutkan dirinya.

Legenda Putri Mandalika ini dikenal hampir di seluruh penjuru Pulau Lombok. Meskipun belum ada lontar Lombok yang ditemukan mengenai Mandalika yang melegenda tersebut.

Sementara itu, pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat menyatakan perayaan puncak Bau Nyale bakal dipusatkan di Pantai Tanjung An, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Pantai Seger

“Perayaan malam puncak Bau Nyale di Pantai An. Bau nyale tetap di Pantai Seger pada pagi hari,” kata Bupati Lombok Tengah, H Lalu Pathul Bahri di Praya, seperti dikutip Turisian.com dari Antaranews, Senin 23 Januari 2023.

BACA JUGA: 5 Tempat Yoga di Lombok Buat Tenangkan Jiwa dan Pikiranmu!

Ia mengatakan, lokasi peringatan puncak Bau Nyale itu telah dilakukan rapat koordinasi bersama semua pihak termasuk tokoh agama dan para budayawan.

Sehingga ia berharap kepada para Kades dan tokoh masyarakat agar tidak menjadi bahan perdebatan lokasi acara Bau Nyale.

“Jangan dipersoalkan untuk lokasi acara perayaannya. Mari kita dukung kegiatan ini untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat,” katanya.

Ia mengatakan, kegiatan ajang Bau Nyale di selenggarakan di Pantai An untuk menjaga pembangunan di wilayah Barat KEK dan Sirkuit Mandalika.

BACA JUGA: Seri Kedua World Superbike Sirkuit Mandalika Digelar Maret 2023

Hal itu dilakukan, karena sebentar lagi akan menyelenggarakan ajang WSBK bulan Maret 2023.

“WSBK bakal digelar lagi Sirkuit Mandalika,” katanya.

Desa Wisata Ende

Untuk itu, ia mengajak semua masyarakat untuk saling menjaga kondusitifitas di wilayah Kabupaten Lombok Tengah, sehingga pertumbuhan ekonomi dan kemajuan pariwisata di Lombok Tengah terus berkembang.

“Kita jaga kamtibmas untuk kemajuan daerah ini,” katanya.

BACA JUGA: Kereta Gantung Puncak dan NTB Menjadi Prioritas Kemenparekraf

Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah menyatakan, berdasarkan hasil ritual sangkap warige tokoh budayawan maupun tokoh agama, waktu Bau Nyale (menangkap cacing laut) di Pantai Seger, KEK  Mandalika diputuskan tanggal 10-11 Februari 2023

“Sesuai hasil sangkap madye atau musyawarah. Bau Nyale di Pantai Seger itu ditetapkan, Jumat 10 Februari hingga Sabtu 11 Februari,” kata Tokoh Budayawan, Agus Fathurrahman pada acara sangkap warige di Desa Wisata Ende, Sengkol di Praya, belum lama ini.

Ia mengatakan, dari hasil sidang medye sangkap warige itu memberikan rekomendasi SOP kepada pemerintah daerah untuk menyusun agenda Bau Nyale.

Rekomendasi kedua, perlu ada konsep dalam ajang Bau Nyale, sehingga nyale bisa keluar pada waktunya.

“Nyale akan tumpah ruah (banyak),” katanya. ***

 

Pos terkait