Menjelajahi Keindahan Hutan Mangrove Setapuk Besar Singkawang

Mangrove Setapuk Besar
Jembatan dan Menara Pandang di kawasan Mangrove Setapuk Besar Singkawang, Kalbar. (Source: Disparpora Singkawang)

TURISIAN.com – Sobat Turisian yang lagi di Kota Singkawang atau berencana ke sana, jangan lupa main ke wisata Hutan Mangrove Setapuk Besar. Di situ kalian bisa memanjakan mata dengan keindahan alam, sambil menambah pengetahuan soal mangrove.

Di objek wisata tersebut, Sobat Turisian dapat menemukan dua menara pandang yang berdiri gagah. Spot ini bisa kalian gunakan untuk melihat secara keseluruhan pemandangan hutan mangrove dari ketinggian. Akan tampak keindahan laut dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Untuk kalian yang punya nyali naik ke tempat tinggim wajib mencoba memanjat ke menara ini.

Saat berkunjung ke Mangrove Setapuk Besar, Sobat Turisian juga mesti nantikan momen sunset di kala senja. Pesonanya begitu eksotis dan romanti buat kalian yang datang bersama pasangannya. Cantik pula untuk latar foto berkonsep siluet.

Supaya dapat menikmati keindahan sunset tersebut, sebaiknya Sobat Turisian datang saat sore hari sekitar jam 4 sore. Sebelum senja datang kalian masih sempat untuk berkeliling melihat keindahan dari hamparan pohon mangrove yang ada.

Ada pula spot jembatan kayu yang melintang di atas permukaan air dengan sekelilingnya terdapat hamparan pohon-pohon bakau yang tampak asri. Jalur ini berfungsi untuk mempermudah penjelajahan hutan Mangrove Setapuk Besar.

Tak hanya ada jembatan biasa, di tempat ini pun terdapat Jembatan Pelangi. Terbuat dari papan kayu dengan cat warna-warni layaknya pelangi. Jembatan cantik tersebut jelas akan menjadi spot foto unik dan tentunya instagrammable banget.

Baca juga: Jalan-jalan ke Taman Rekreasi Teratai Indah Singkawang yang Menyenangkan

Masih kurang puas, Sobat Turisian bisa mencoba naik speedboat untuk berkeliling perairan kawasan Mangrove Setapuk Besar. Harga sewanya pun masih terjangkau, jamin liburannya makin seru dan berkesan.

Setelah puas mengeksplorasi kawasan, Sobat Turisian bisa istirahat dan bersantai di kantin. Nikmatnya lagi, lokasi kantin ini langsung menghadap ke pantai sehingga sangat cocok sebagai tempat sandaran menyaksikan sunset sambil menikmati aneka makanan yang ada.

Lokasi dan Akses Menuju Mangrove Setapuk Besar

Hutan mangrove yang satu ini berlokasi di Kelurahan Setapuk Besar, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat. Berjarak sekira 10 km dari pusat Kota Singkawang dengan durasi perjalanan kurang lebih 20 menit menggunakan sepeda motor.

Untuk menjangkau wisata Mangrove Setapuk Besar dengan jalur darat, Sobat Turisian hanya bisa memakai kendaraan roda dua. Karena rutenya akan melewati jembatan dan gang yang kecil.

Patokannya berupa jembatan, dari situ lalu lurus terus hingga bertemu dengan minimarket kecil. Di samping minimarket tersebut ada gang, nah itulah pintu masuk kawasan mangrove ini. Kondisi inilah yang membuat kendaraan roda empat tak bisa masuk.

Baca juga: Pantai Pasir Panjang Singkawang yang Menenangkan, Cocok Buat Healing

Namun tak usah khawatir, bagi Sobat Turisian yang datang menggunakan bus dan mobil bisa melalui jalur yang berbeda. Kemudian pemerintah setempat sudah menyediakan fasilitas speedboat untuk mengantarkan hingga tiba di Mangrove Setapuk Besar.*

 

Pos terkait