BI Tawarkan Tiga Strategi Ini Untuk Dorong Pertumbuhan Pariwisata Bali

Pertumbuhan Pariwisata Bali
Suasana di loket tiket di terminal Feri Pelabuhan Sanur Bali. Foto: Dok. iStock

TURISIAN.com – BI tawarkan tiga strategi untuk mendorong mendorong pertumbuhan pariwisata Bali ke depan.

Seiring dengan telah dicabutnya aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) potensi bergeraknya sektor pariwisata semakin terbuka.

“Bali memang memiliki potensi daya tarik pariwisata yang luar biasa. Dari sisi alam, budaya, laut, akomodasi dan lainnya. Namun, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan,” kata Trisno Nugroho, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Bali di Denpasar, Jumat 6 Januari 2023.

Menurut Trisno, setidaknya ada tiga strategi yang perlu dipertimbangkan untuk mendorong pertumbuhan pariwisata Bali yakni aksesibelitas, atraksi, dan promosi.

BACA JUGA: Seru, Wisata Main Air di Tukad Bindu Denpasar Bali

Dari sisi aksesibilitas, lanjut dia, Bali dapat dikembangkan sebagai “super hub tourism” yang mencakup Bali, NTB (Mandalika) dan NTT (Bajo) baik melalui jalur udara maupun laut.

“Perubahan tren wisata yang lebih dekat ke alam dan local experience (pengalaman lokal). Serta penambahan daya tarik wisata dari NTB dan NTT akan meningkatkan minat wisatawan yang datang ke Bali,” ujarnya.

Selanjutnya transportasi umum antar destinasi wisata di Bali juga perlu mendapat perhatian untuk mempermudah mobilitas wisatawan.

“Sebagai contoh, minat wisman yang sangat tinggi ke Canggu. Namun sarana pendukung transportasinya belum siap, sehingga sering terjadi kemacetan,” ucapnya.

BACA JUGA: Pasar Malam Shindu, Spot Wisata Kuliner Murah Meriah di Denpasar

Wisata Medis dan Kebugaran

Kemudian dari sisi atraksi. Selain wisata alam, pengembangan Bali sebagai medical & wellness tourism (wisata medis dan kebugaran). Serta tempat favorit bagi digital nomad masih sangat besar.

“Pengembangan atraksi tersebut dapat menarik minat wisatawan dan memperpanjang lama tinggal wisman di Bali,” katanya.

Selanjutnya terkait promosi, meski Bali sudah terkenal, namun jumlah wisman Eropa dan Amerika lebih banyak yang datang ke Thailand.

Oleh karena itu perlu meningkatkan promosi ke negara-negara yang menjadi kantong wisman.

BACA JUGA: Yuk Belajar Pertanian di Wisata Subak TEBA Majalangu Denpasar Bali!

“Yang tidak kalah penting, perlu kolaborasi yang lebih baik antara kementerian, Pemprov Bali dan seluruh pemkab/pemkot. Serta pelaku usaha di Bali dalam melakukan peningkatan promosi di luar negeri,” ucapnya.

Di sisi lain, Trisno mengatakan apabila dilihat hasil survei UNWTO pada November 2022, prospek pariwisata pada tahun 2023 akan lebih baik dibandingkan tahun 2022.

Minat masyarakat global, ujar dia, untuk melakukan pariwisata masih sangat tinggi.

Pemantauan Bank Indonesia, jumlah maskapai dan frekuensi penerbangan domestik dan internasional yang datang ke Bali trennya semakin meningkat.

BACA JUGA: Pantai Bias Tugel, Surga Tersembunyi di Karangasem Bali yang Bikin Betah

“Proyeksi kami, jumlah wisman pada tahun 2023 akan mencapai sekitar 3 juta orang,” katanya.

“Kami optimistis di tengah tantangan risiko perlambatan ekonomi global, ekonomi Bali tahun 2023 akan tumbuh pada range 4,40 – 5,20 persen,” sambung Trisno.

Berdasarkan data BPS, pada Triwulan III 2022, ekonomi Bali tumbuh sebesar 8,09 persen(yoy), menguat dari 3,05 persen (yoy) pada triwulan sebelumnya.

“Pertumbuhan ekonomi Bali pada 2022 ditopang oleh kinerja lapangan usaha penyediaan akomodasi makan dan minum. Kemudian transportasi, dan perdagangan seiring dengan peningkatan jumlah wisatawan,” ungkapnya.

Selain itu, banyaknya proyek pembangunan dalam rangka persiapan pelaksanaan Presidensi G20 juga menjadi pendorong kinerja konstruksi Bali tahun 2022. ***

Sumber: Antaranews

Pos terkait