Singgah Dulu di Desa Wisata Bojong Menteng, Gerbang Masuk ke Saba Baduy

Desa Wisata Bojong Menteng
Desa Wisata Bojong Menteng Kab. Lebak, Banten. (Source: Dispar Kab. Lebak)

TURISIAN.com – Kalau Sobat Turisian berencana berlibur ke objek wisata Saba Budaya Baduy, bisa singgah dulu di Desa Wisata Bojong Menteng. Sebuah desa sebagai gerbang masuk utama ke kawasan suku Baduy, Banten.

Lokasi desa wisata ini terletak di Kecamatan Leuwi Damar, Kabupaten Lebak, Banten. Di sini Sobat Turisian dapat menikmati berbagai spot dan atraksi wisata yang menarik dengan kearifan lokalnya.

Atraksi wisata yang bsia Sobat Turisian nikmati, antara lain foto-foto di spot tugu patung Ciboleger Baduy, melihat pembuatan Koja atau rajutan dari kulit kayu (Tas Baduy). Lalu dapat mencoba panen madu trigona dan berbagai aktivitas wisata lainnya.

Desa Wisata Bojong Menteng ini juga memiliki sarana dan prasarana yang cukup lengkap. Di antaranya lahan parkir yang luas, selfie area, toilet umum, tempat makan, wifi area, penjualan cendera mata dan oleh-oleh. Serta fasilitas balai pertemuan dan kafetaria.

Sobat Turisian juga bisa mencoba aktivitas memanen madu trigona dan berkunjung ke Kampung Adat Jaro Dangka Cibengkung. Untuk fasilitas penginapan tersedia homestay yang bersih dan nyaman. Jika ingin lebih dekat alam, kalian bisa bermalam dengan berkemah di Camping Ground Lembah Barokah.

Baca juga: Petualangan Seru ke Goa Langir Sawarna di Kabupaten Lebak Banten

Berlibur di Desa Wisata Bojong Menteng, Sobat Turisian pun bisa memilih paket wisata yang sudah tersedia di sana. Paket ini merupakan produk dari Pokdarwis desa setempat yaitu Bojongmenteng Berkarya.

Salah satu paket wisatanya senilai Rp200.000, yang akan mengajak Sobat Turisian berkunjung ke Desa Adat Baduy. Sembari menikmati alam yang asri dan melihat kerajinan tangan masyarakat Baduy. Lalu membeli produk tenun Baduy, baju Baduy, tas koja, gula aren, jahe merah, dan lainnya.

Akses Menuju Desa Wisata Bojong Menteng

Untuk menuju ke desa wisat di Kabupaten Lebak yang satu ini, kalian dapat memilih menggunakan angkutan berupa bis. Kalau kalian berasal dari Jakarta bisa memulai perjalanan dari Terminal Kalideres, Jakarta Barat dengan menaiki bus jurusan Labuan.

Biasanya, bus jurusan Labuan yakni bus Murni, Murni Jaya, dan Asli Prima. Perjalanan Sobat Turisian naik bus tersebut sampai ke Perempatan Kadubanen. Dari situ lanjutkan perjalanan menuju Terminal Mandala. Tiba di terminal, kalian masih harus menaiki mobil elf menuju Ciboleger di Desa Wisata Bojong Menteng yang merupakan akses menuju Baduy.

Alternatif angkutan umum lainnya, Sobat Turisian bisa naik KRL dari Stasiun Tanah Abang menuju Stasiun Rangkasbitung, Kabupaten Lebak. Sesampainya di stasiun tersebut, teruskan dengan menaiki mobil elf tujuan Ciboleger atau Cijahe.

Baca juga: Lepas Kepenatan dengan Bersantai Ria di Bukit Curahem Shorea Forest Lebak

Ada perbedaan di antara dua rute ke Desa Wisata Bojong Menteng ini. Jika menaiki rute Ciboleger, Sobat Turisian akan melalui jalur ramai dengan fasilitas lengkap dan ramah wisatawan.

Sementara kalau melalui elf jurusan Cijahe, kalian akan melintasi jalan yang rusak dan berlubang. Namun, memilih jalur Cijahe waktu tracking atau jalan kaki menuju Baduy hanya berkisar kurang dari satu jam.*

Pos terkait