Bendungan Kamijoro, Spot Piknik Keluarga yang Asyik di Yogyakarta

Bendungan Kamijoro
Bendungan Kamijoro Yogyakarta. (Source: pu.go.id)

TURISIAN.com – Ketika Sobat Turisian liburan di Yogyakarta dan mencari tempat wisata yang tak biasa, bisa arahkan tujuan ke Bendungan Kamijoro. Di sini kalian bersama keluarga atau rekan bisa menikmati panorama alam sekitar dan berbagai aktivitas menarik.

Objek wisata bendungan ini terletak di perbatasan Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Hampir setiap hari tempat wisata tersebut ramai wisatawan yang berdatangan dari berbagai daerah. Terlebih di saat libura akhir pekan dan momen libur besar lainnya.

Sesuai namanya, Bendungan Kamijoro merupakan bendungan yang menahan aliran Sungai Progo dan mengalirkan sebagian airnya untuk pengairan areal persawahan. Keunikannya, di atas bendungan terbentang jembatan sepanjang 161 meter dengan lebar 3 meter.

Jembatan tersebut menghubungkan Bantul dan Kulon Progo, tepatnya di titik Dusun Plambongan, Desa Triwidadi, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul. Dengan Dusun Kaliwiru, Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo. Tanpa jembatan ini,  orang-orang harus memutar sangat jauh.

Bentuknya mirip Jembatan Ampera di Palembang, lengkap dengan tiang yang menjulang tinggi dan hiasan tali-tali baja yang seolah menyangga beban jembatan. Saking indahnya, jembatan ini pun menjadi ikon wisata Bendungan Kamijoro dan daya tarik wisata baru Bantul dan Kulon Progo.

Taman Bendungan Kamijoro

Bendungan yang peresmiannya oleh Presiden Joko Widodo pada akhir 2019 lalu ini, tak hanya punya jembatan yang cantik. Namun ada juga sebuah taman yang bisa jadi pilihan tempat untuk Sobat Turisian bersantai, duduk, dan menikmati hembusan angin bendungan yang semilir.

Taman Bendungan Kamijoro tersebut berada di sisi barat atau masuk wilayah Kulon Progo. Di spot ini, Sobat Turisian bisa berfoto-foto ria dengan background jembatan sekaligus bendungan yang megah. Sedangkan di sisi timur atau masuk wilayah Bantul terdapat sebuah sistem pengairan yang tertata canggih dan modern.

Baca juga: Pule Payung Kulon Progo, Daya Tarik, Fasilitas, dan Harga Tiket Terbaru

Tampak beberapa pintu-pintu air dengan kontrol elektrik. Di area taman, juga terdapat plaza yang besar untuk berfoto-foto, bersantai, ataupun berkumpul mengadakan kegiatan massal. Salah satu spot foto yang jadi favorit pengunjung, yaitu di bagian undakan tertinggi plaza dengan latar belakang tulisan “Bendungan Kamijoro”.

Spot taman pun tampil dengan kemasan sebagai wisata edukasi bagi keluarga. Tampak dari adanya penanaman banyak jenis buah-buahan. Seperti durian, kelengkeng, sawo, hingga jambu kristal. Area taman sudah layak untuk pedestrian sehingga sangat nyaman untuk berjalan kaki.

Kalau Sobat Turisian ingin berkunjung ke sini membawa keluarga tak perlu khawatir, sebab Bendungan Kamijoro sangat ramah keluarga. Tak jauh dari taman, tersedia aneka mainan anak-anak seperti ayunan, jungkat-jungkit, hingga papan luncur.

Pilihan Waktu, Tiket, dan Fasilitas Penunjang

Untuk berkunjung ke bendungan ini bisa setiap hari, waktu yang pas untuk berkunjung ke sini adalah di pagi atau sore hari. Di siang hari sinar matahari akan menyengat dan suasana begitu panas.

Enaknya, masuk ke tempat wsiata Bendungan Kamijoro ini Sobat Turisian tak harus bayar tiket alias gratis. Biaya yang harus keluar paling untuk bayar ongkos parkir sebesar Rp2000 untuk sepeda motor dan Rp 5000 untuk mobil.

Fasilitas penunjang wisata juga sudah sangat lengkap dan memadai. Di antaranya toilet, musala, area parkir, dan warung makan dengan berbagai menu seperti pecel hingga mie lethek.

Baca juga: Petualangan ke Puncak Suroloyo Kulon Progo dengan View yang Menakjubkan

Di sekitar taman juga terdapat pedagang asongan yang menjual aneka jajanan tradisional Jawa. Seperti arem-arem, serabi, hingga kacang rebus. Kalau Sobat Turisian berminat berkunjung ke sini jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan, ya!*

Pos terkait